Rabu, 15 Mei 2013

Proyek Monorail Akan Selesai 2016





Gubernur DKI Joko Widodo menghendaki agar proyek pembangunan monorel segera dilanjutkan. Hal ini dikarenakan proyek monorel yang selama ini terbengkalai sangat memperburuk citra Jakarta hingga menjadikannya sebagai ibu kota negara yang tak terurus.

berikut adalah tiang monorail yang terbengkalai




Dalam rapat koordinasi membahas monorel Jum’at lalu (7-12-2012), Jokowi menerima rincian pembangunan monorel dari dua konsorsium, yaitu PT Jakarta Monorail dan PT Adhi Karya. Jokowi minta agar kedua konsorsium itu mau bekerjasama dalam membangun monorel Jakarta. Dengan bekerjasama proyek monorel akan semakin mudah dan cepat dikerjakan.


Jakarta Monorail Gandeng Perusahaan China
Konsorsium pembangun moda transportasi berbasis rel di Jakarta, PT Jakarta Monorail, menggandeng perusahaan CNR Changchun Railway Vehicle Co. Ltd. asal China untuk memasok kebutuhan konstruksi monorel.

"Kami sudah sepakat untuk menggunakan CNR dalam penyediaan rolling stock," kata Juru Bicara PT Jakarta Monorail, Bovanantoo, di Jakarta, Selasa.

Ia mengatakan, perusahaan memilih CNR sebagai penyedia kebutuhan konstruksi monorel karena CNR sudah punya pengalaman menangani infrastruktur moda transportasi berbasis rel.



Dalam rincian rencana pembangunan monorel dari PT Adhi Karya, mereka menawarkan pembangunan monorel dengan empat kereta dan enam kereta selama tiga tahun mulai dari tahun 2013 hingga tahun 2016. Total panjang lintasan 90,65 kilometer.

Jalur pertama akan dibangun di Bekasi Timur – Cawang dan Cibubur – Cawang. Jalur kedua akan dibangun di Cawang – Kuningan – Harmoni dan jalur ketiga akan dibangun di Kuningan – Palmerah. Pada pembangunan tahap kedua, jalur kedua akan dilanjutkan dari kawasan Harmoni hingga Ancol. Jalur keempat akan dibangun di Pulogadung - Harmoni – Kalideres.

Sedangkan rincian rencana pembangunan dari PT Jakarta Monorail menawarkan jalur blue line dan green line. Pada awal operasi, jalur-jalur tersebut akan bisa mengangkut hingga 250.000 penumpang per hari. Total investasi sendiri diperkirakan mencapai 725 juta dollar AS untuk pembangunan selama tiga tahun.



SUMBER
SUMBER
http://kask.us/haDG1

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan cuma jadi pembaca, utarakan pendapatmu!

Copyright © 2014 Bukan Isapan Jempol | Designed With By Blogger Templates
Scroll To Top