Senin, 14 Januari 2013

TONIGHT SKY (JANUARI) - Keadaan Antariksa Bulan Ini



TONIGHT SKY
JANUARI




Langsung aja ke penampakannya gan

JUPITER

Setelah matahari tenggelam, dibagian tenggara ente bakal dimanjakan dengan Jupiter gan, sang raja planet. Si doi bakal kelihatan sepanjang malam, dan bisa dilihat dengan mata telanjang gan. Kalo pake teleskop bakal kelihatan pita gelap mengelilingi sang raja ni.




AURIGA
Pada bulan ini langit dipenuhi bintang-bintang yang cemerlang.
Sebuah konstelasi kuno, Auriga digambarkan sebagai gembala kambing oleh orang Yunani dan Roma. Auriga adalah lingkaran indah bintang permata.



konstelasi:


Di dalam Auriga ni terdapat bintang Capella, bintang keenam paling terang di langit. Capella adalah bintang ganda. Kedua bintang yang berwarna kuning seperti Matahari kita sendiri, tetapi mereka sekitar 10 kali lebih besar dan 50 dan 80 kali lebih terang.

CAPELLA:


TAURUS

Dekat Auriga terdapat konstelasi Taurus besar, digambarkan sebagai seekor banteng bertanduk emas oleh bangsa Yunani kuno.



Di dalam Taurus terdapat bintang Aldebaran, sebuah bintang raksasa merah. Terletak tepat di mata Taurus. Bintang Aldebaran ni udah uzur gan, bentar lagi mau koid tu si doi.

ALDEBARAN:

Bentuk V pada kepala Taurus disusun oleh kelompok bintang yang disebut Hyades, sekelompok indah bintang, mudah dilihat dengan mata telanjang.

HYADES:



PLEIADES
Cluster Pleiades terletak di dekat kepala Taurus. Besar dan cerah, cluster ini adalah cluster terbaik yang dikenal di langit dan sering disebut The "Seven Sisters". Pleiades ini terdiri dari bintang-bintang muda dan panas,serta terdapat debu yang memantulkan warna biru. Dengan mata telanjang bisa melihat hanya enam atau tujuh bintang, tapi cluster Pleiades mengandung lebih dari 250. Teropong menampilkan cluster yang terbaik.



SATURNUS
Saturnus mulai terlihat jelas setelah tengah malam dan bergerak ke langit sebelah tenggara sebelum fajar. Cincin megah planet muncul dalam pemandangan dari teleskop kecil.



Sekian gan Tonight Sky bulan Januari.


sumber: http://kask.us/g4at3

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan cuma jadi pembaca, utarakan pendapatmu!

Copyright © 2014 Bukan Isapan Jempol | Designed With By Blogger Templates
Scroll To Top