Minggu, 02 Desember 2012

Trend yang menyimpang dan dibanggakan anak muda



Permisi gan, ane disini mau memaparkan,lebih tepatnya membahas mengenai sikap, style, gaya anak muda jaman sekarang yang sangat dibanggakan, booming, yang dianggap keren, yang menjamur baik di kalangan artis, di kalangan menengah ke atas, di kalangan menengah ke bawah, tukang parkir, tukang las, tukang tambal ban, tukang cendol, bencong s , dan komplotannya.

Kenapa bisa begitu?

Sebelum masuk ke bahasan, ane mau minta mangap kalo mungkin ada yang udah pernah bahas ginian.

Oke, langsung aja cekibrot


 ilustrasi:






Alkisah, ada seorang yang bikin setatus di efbe, setatusnya mengharukan

S: Doain aku ya lagi mau operasi lambung
P: Terus guweh must say uwow getoh?
S: Masalah buat eloh?Siape lo berani #$^@*&@

Dari kutipan dialog diatas diketahui si P ternyata ga kenal banget sama si S, tapi kenapa dia ngomen demikian? Agan2 pernah ga digituin?ada orang ga kenal tau-tau ngomong begituan. Rasanya gimana gan? Bisa dikomeng dibawah ya.


Kalo menurut ane sih aneh banget gan, dia menjadi budak trendsetter bahasa gehol yang menurut ane sangat amat tidak berpendidikan banget. Saking pengennya ngomen begituan, ampe setatus orang kaga kenal juga dijadiin inang pelampiasannya biar exis 

Agan2 sadar ga sih, ucapan seperti itu lama-kelamaan bisa membentuk kepribadian kita?

Contoh nyatanya kita bisa menjadi manusia yang apatis, ga peduli lingkungan sekitar, ga mau tau. Lha ko bisa?Bisa aja gan, dengan agan menjawab seperti dialog diatas agan kurang menunjukkan simpati kepada orang lain. Kita nggak ngerti lho apa yang lagi dirasain orang lain. Nah gimana kalo agan digituin?

Ada lagi kita terbiasa menjadi follower atau menjadi penjiplak orang lain.
Yang lebih lagi, bisa membuat masyarakat kita menjadi amoral, padahal bangsa kita ini kan terkenal dengan moral luhurnya dan keramahannya gan. 
Semoga aja deh hal-hal yang disebutin diatas nggak ngerusak budaya bangsa kita.Aamin

Hal-hal diatas hanya salah satu contoh dari trend yang sedang merebak di masyarakat kita, adalagi seperti tawuran, dll 

Tapi hal diatas ternyata bisa dijelasin lho menurut perspektif psikologi sosial, ini gan langsung cekidot


1. Perilaku
upaya untuk membuat pendekatan dengan cara memfokuskan diri pada pemikiran,kesadaran maupun imajinasi

2. Kognitif
Menurut James Baldwin terdapat 2 jenis peniruan, yaitu kebiasaan peniruan terhadap diri sendiri dan peniruan berdasarkan pengetahuan lingkungan sekitar kita.
Nah ini nih yang menjelaskan tentang menjadi follower tadi

3. Struktural
Nah ini nih gan, struktur sosial diyakini tersusun berdasarkan jalinan hubungan antar manusia melalui cara yang stabil. Sehingga lama-kelamaan akan memudahkan manusia dalam pola perilaku individu mereka dan membentuk sebuah kepribadian.

4.Interaksionis
George Herbert Mead menyatakan bahwa keberadaan individu dalam sebuah kelompok akan menimbulkan perwujudan yang disebut budaya. Dan endingnya setiap individu yang ada dalam kelompok tersebut akan mengikuti budaya yang ada dan menjadikannya tolok ukur dalam menciptakan perilaku tersebut.



Dari Perspektif psikologi sih ane taunya begitu gan. Ane juga kurang tau. Mana nih yang anak psikologi, bantuin ane donk 

Sekarang tau kan gan bagaimana proses pembentukan perilaku dan kepribadian itu? Apalagi sekarang nih jamannya teknologi canggih, enyak babe ane jaman dulu kaga kenal dah ama yang namanya "Wani piro?" , "Masalah buat loh?" , "Gueh harus bilang wow sambil salto" dan semacamnya, alhasil moral dan akhlak serta kepribadian mereka terbilang .

Coba dah bandingin ama anak jaman sekarang, yang dikit2 ngeluh, dikit2 ngikutin trend kayak anak ababil yang terguncyang ga tau arah, dikit2 berfantasi, salah dikit bacok, tawuran, mabok-mabokan pesen ane Get a life gan!Hidup ini keras, tapi kerasnya gausah pake benda tajam juga kali 

Sebagai penutup dari ane,ane cuma nyaranin nih, jangan dikit-dikit langsung comot apa yang lagi booming di sekitar kita, Jangan dikit2 diselesaikan pake kekerasan,apalagi kalo gatau pangkal masalahnya. Kalo bisa pahamilah lingkungan disekitar kita, filter dulu tuh mana yang baik mana yang buruk. Apalagi cepet banget nih apa-apa kesebar karena kecanggihan teknologi. teknologi itu istilahnya bagaikan pedang bermata dua, kadang bisa memberi manfaat yang baik bagi kita, kadang juga bisa memberikan efek buruk kepada kita. Tergantung kita menyikapinya, waspadalah..waspadalah

Sekian dari ane gan, mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi kita semua.Aaamin 

Buat seneng-seneng:

Beberapa bentuk kalimat yang lagi booming
1. Terus gue harus bilang WOW getoh (Indonesian version)
2. Lajeng kulo kedah sanjang WOW ngoten (Jowo style)
3. So, i must say WOW? (English version)
4. Terus gue harus koprol sambil bilang WOW gitu (iklan version)
5. Masalah buat lo?
6. Ciyus?Miapah?Enelan?
7. Derita lo!


sumber: http://kask.us/16761572

1 komentar:

  1. Bner banget nih gan...
    Makin lama anak2 muda sekarang makin aneh2..

    Dari pakaian sampe gaya bahasa udah ga karuan ~_~

    BalasHapus

Jangan cuma jadi pembaca, utarakan pendapatmu!

Copyright © 2014 Bukan Isapan Jempol | Designed With By Blogger Templates
Scroll To Top