Minggu, 02 Desember 2012

13 Hal Yang Diajarkan Film Spongebob Tentang Bisnis



13 Hal Yang Diajarkan Film Spongebob Tentang Bisnis

1.Intergritas dan Loyalitas



Dalam episode "The Graveyard Shift" menunjukan bagaimana senangnya dia ketika Krusty Krab dibuka 24 jam, episode lainya yg menujukan integritas Sponge Bob dalam episode“ Just One Bite“ dimana dia selalu datang jam 3 pagi untuk menghitung Krabby paty Integritas seorang pegawai menjadi salah satu faktor keberhasilan suatu bisnis dimana dedikasi seorang pegawai akan menentukan perkembangan bisnisnya dan inilah yang ditunjukan oleh Sponge Bob ke Krusty Krab

2. Penghargaan Terhadap Pegawai



Dalam binsis pegawai merupakan inti sebuah perusahaan untuk itulah penting memberikan penghargaan terhadap pegawai agar produktivitsanya meningkat. Dalam Film Spongebob ini ditunjukan oleh Mr. Krabs pada episode ‘Employee of the Month’ dengan memberikan predikat pekerja pada bulan ini kepada pegawai yang telah bekerja dengan baik di Krusty Krab yang akhirnya membuat Sponge Bob dan squidward salaing bersaing untuk mendapatkan penghargaan tersebut.

3.Strategi Pemasaran



Dalam berbisnis diperlukan strategi yang tepat agar produk yang kita jual disukai masyrakat dalam spongebob nilai ini ditunjukan pada episode “The Good Krabby Name “ dimana agar penduduk bikini bottom agar datang ke Krusty Krab Mr. Krab menyuruh spongebob memikirkan nama yg dapat menarik pelanggan datang, di episode “As Seen On TV” Mr.Krab melakukan pemasaran dengan memperkenalkan Krabby patty melaui TV.

4.Fokus pada Inti Bisnis Anda



Pada episode "Bossy Boots" Mr.Krab mengangkat Pearl menjadi pegawai Krusty Krab ide Pearl merubah Krusty Krab mulai dari makanan,nama dan bentuk Krusty Krab karena perubahan tersebut sudah melenceng dari inti bisnis kraby patty mengakibatkan Mr.krab kehilangan banyak uang. Pelajaran diatas menunjukan bahwa ketika mengembangkan bisnis kita harus tetap pada awal inti bisnis tersebut perubahan yg signifikan malah dapat menghancurkan bisnis kita.

5.Kualitas Produk

Pada episode “Born Again Krabs“ Mr. Krab menyuruh menjual Krabby Patty yang sudah busuk dan tidak boleh membikin yang baru sampai Patty yang busuk itu terjual akibatnya Krab kehilangan banyak pelangga pelajaran yg dapat diambil adalah Kualitas Produk yang dijual menentukan kelayakan barang tersebut untuk dibeli pembeli, pembeli tidak lagi bodoh mereka dapat mempelajari produk yang kita jual.

6.Pelanggan Adalah Raja



Dalam episode” The Krusty Tower” mengajarkan pentingnya pelanggan bagi bisnis bercerita ketika Mr.Krab ingin membuat hotel dengan slogan kalimat "We shall never deny a guest even the most ridiculous request"(kita tidak pernah menolak permintaan pelanggan meskipun itu permintaan aneh2) kalimat tersebut menujukan bahwa betapa pentingnya pelanggan bagi sebuah bisnis.

7. Pelayanan=Keuntungan



Pada episode “Bubble Buddy” Mr.krabs menyuruh Squidward untuk melayani apapun yg diminta bubble budy karena telah membeli semua Krabby Patty. Pada episode “Good Ol' Whatshisname “ dengan meberi pelayanan berupa mengingat nama pelanggan dapat meberi keuntungan yakni pelanggan akan datang kembali dua episode diatas menunjukan bahwa pelayanan yang baik akan membuat pelanggan prcaya pada produk yg kita jual sehingga keuntunganpun kita dapat.

8. Profitabilitas(Keuntungan)



Tujuan bisnis adalah menghasilkan profit untuk pemilik bisnis. Sehebat apapun yang dilakukan, tidak ada manfa'atnya jika tidak menghasilkan profit. Banyak episode yang menunjukan bagaimana Mr.Krab mencari untung mulai dari menaikan harga kraby patty sampai dengan menjual produk produk lain di luar kraby patty dalam episode “Bucket Sweet Bucket” Sponge Bob berhasil menemukan barang2 antik dari chum bucket sehingga membuat Krusty Krab tampak mewah yg dimanfaatkan Mr. Krab dengan menaika harga Krabby Patty

9. Kreatifitas dan Inovasi Produk



Pada episode “Patty Hype” menceritakan bisnis yg lesu dimana Krusty Krab tidak mendapat pelanggan satupun akhirnya Sponge Bob memberi ide untuk mebuat Pretty Patty yang akhirnya sukses besar dan banyak orang yang membeli kepada Sponge Bob pelajaran yg diambil agar bisnis tidak stagnan diperlukan inovasi agar pembeli tidak jenuh terhadap barang yg dijual terlalu umum/biasa

10.Kompetisi



Dalam berbisnis kompetisi akan selalu ada layaknya Krusty Krab dan Chum Bucket dimana Krusty Krab dengan Kraby Pattynya yg selalu berhasil menang kompetisi antara keduanya menciptakan ide ide inovatif baik pada Mr. Krab dan Plankton pelajaran yg diambil adalah bisnis tidak akan lepas dari kompetisi

11. Jangan mudah menyerah dalam berbisnis



Yakin bahwa sebesar apapun kegagalan yang dialami selama berpikir positf dan pantang menyerah kesuksesan akan didapat. mungkin hal inilah yang diajarkan plankton dalam berbisnis tidak peduli seberapa banyak dia gagal mencuri resep Krabby Paty dan restoran Chum Bucketnya yg tidak mendapat pembeli satupun namun dia tetap berusaha memajukan bisnisnya dengan berbagai ide anehnya.

12. Identifikasi Peluang Bisnis



Dalam episode “20,000 Patties Under the Sea” Sponge Bob dan Patrick menemukan kapal selam hal ini memberi ide Mr.Krab menciptakan restoran keliling yg bisa membawa banyak untung pelajaran yg diambil adalah seorang wirausaha harus mampu mengamati lingkungan sekitar untuk menciptapkan peluang bisnis bukan sebaliknya.

13.Efisiensi



Kata efisiensi tentunya tidak lepas dari Mr.Krab pada episode “Life is Crime” melakukan penghematan dimana seluruh barang yg ada di Krusty Krab di dapatkan dari meminjam, episode “Kusty Krab Traning Video” menunjukan penghematan yg dilakukan Mr. Krab antara lain mebangunya Krusty Krab dari rumah jompo,hanya merekrut 2 pekerja,dan tidak membeli teknologi yg tidak diperlukan. Pelajarannya adalah effisiensi penting untuk meningkatkan keuntungan tetapi jangan sampai seperti Mr. Krab



SUMBER
SUMBER
sumber: http://kask.us/508f600b48ba548f12000000

3 komentar:

  1. saya selalu berusaha meningkatkan kualitas produk dan penghargaan terhadap pegawai. karena saya yakin jika pegawai senang mreka akan mendoakan bisnis kita dan bekerja secara maksimal :)

    BalasHapus
  2. pelayanan memang penting banget, aku belajar dari restoran besar yang selalu melayani dengan senyum dan cepat.

    BalasHapus

Jangan cuma jadi pembaca, utarakan pendapatmu!

Copyright © 2014 Bukan Isapan Jempol | Designed With By Blogger Templates
Scroll To Top