Rabu, 04 Juli 2012

Cara PARKIR MOBIL Paralel, Serong, Bejajar saat Landai, Tanjakan atau Turunan

Posted on 21.04 by Muh Hadi Abdul Aziz
Silahkan klik:





Cara Parkir Mobil Paralel, Serong/Miring, Bejajar saat Landai, Tanjakan atau Turunan yang Baik dan Benar.




Foto di atas memperlihatkan mobil tidak parkir di marka yang ada, hal ini merugikan pengguna area parkir lainnya, karena tempat parkirnya tersita oleh mobil tersebut.




------------------------------------------------------------------------
news 

Jakarta : Pertumbuhan angka kepemilikan mobil pribadi terus meningkat, kemacetan lalu-lintas makin merata di jalan-jalan saat jam sibuk.

Begitu juga dengan masalah ruang parkir. Area parkir publik diatur sedemikian rupa dengan marka agar mobil diparkir dengan baik dan tertib. Memarkir mobil ada aturannya, kita harus mematuhi marka yang ada di area parkir.

---------------------------------------------------------------------------

BAGAIMANA PARKIR YANG BAIK DAN BENAR?


CARA PARKIR BERJAJAR





Gunakan lampu sen (sign) saat akan memarkir di tempat yang dituju.
Setelah kondisi aman, pastikan tidak ada yang melintas.




CARA PARKIR SERONG/MIRING





Gunakan lampu sen (sign) saat akan memarkir di tempat yang dituju.
Setelah kondisi aman, pastikan tidak ada yang melintas.


CARA PARKIR PARALEL

Parkir paralel adalah posisi parkir yang dianggap cukup sulit untuk melakukannya oleh sebagian orang. Perlu trik khusus dan latihan untuk dapat melakukannya dengan lancar dan baik.



Perkirakan bahwa ruang untuk parkir lebih besar dari ukuran panjang mobil kita, majukan mobil hingga sejajar dengan mobil yang parkir tersebut.
Usahakan ada jarak sekitar satu meter dari mobil yang parkir dengan mobil kita.



Masukkan gigi mundur (R), kemudian putar setir ke sisi arah tempat parkir.
Mundurkan perlahan.. Perhatikan sudut bagian belakang mobil yang parkir.



Saat posisi mobil sudah miring/diagonal 45 derajat, luruskan setir sambil mundur perlahan.



Ketika hampir mendekati trotoar, putar balik setir ke arah luar, sambil mundur perlahan.



Pindahkan ke gigi 1 atau D (untuk transmisi otomatis), belokkan setir ke sisi dalam untuk meluruskan posisi mobil.



Bila perlu.. mundurkan kembali mobil hingga antara mobil depan dan mobil belakang sama jaraknya.




CARA PARKIR DI TANJAKAN
Jangan anggap remeh parkir di tanjakan, kemungkinan rem tangan bermasalah bisa saja terjadi pada mobil kita. Agar mobil tidak meluncur ke tengah jalan, maka ikuti tips ini.



Posisi setir yang dibelokkan, tidak perlu hingga mentok, sehingga aman untuk power steering system yang masih menggunakan fluida/hidrolik (oli power steering).

CARA PARKIR DI TURUNAN

Sama seperti parkir di tanjakan, kemungkinan rem tangan bermasalah bisa saja terjadi pada mobil kita. Agar mobil tidak meluncur ke tengah jalan, maka ikuti tips ini.



kalo soal tanjakan dan turunan, masukin gigi yang berlawanan ama posisi aja.
takut mundur : masukin gigi 1
takut maju, masukin gigi mundur...

masih takut juga??
bawa potongan balok gan di mobil

tambahan tips, kalo mo idupin mobil, tahan kopling ato cek gigi dulu. takut kelupaan, eh lompat





Tambahan gan :

parkir di tanjakan dan turunan utk mobil transmisi manual :
-Jika parkir di tanjakan REM tangan bermasalah gak perlu khawatir,,masukan tranmisi ke posisi "1"
-Jika parkir di turunan REM tangan bermasalah gak perlu khawatir,,masukan transmisi ke posisi "R" (mundur)

silahkan di coba gan,,,maaf tulisan nya amburadul masih newbie ane gan 
---------------------------------------------------------------------
ane mau tambahin ni..biar makin lengkap trit ini
wlopun bukan ttg parkir sih

agan2 pernah parkir di mal??pasti prnah kn
kbnyakan mall kn bnyak tanjakan untuk naik ke lantai atas slanjutnya...
pengalaman ane newbie dlu...pas mall lg rame..eehh pas ngntrinya di tanjakan itu...alhasil....keringat dingin!!!!

ane mau ksi tips apbila mobil agan brhnti di tanjakkan

rata2 org yg blum dpet feel sama mobilnya ketika ad di posisi ini..psti otomatis menahan rem kaki...ketika antrian maju, bingung dah tu kaki klo lepas rem kaki psti ngegelundung kblakang..yg ada mbil glundung trus nabrak yg blkng ..panik dah bingung bingung..mau nyalain mbil..mesin mati .....padahal gan kita bsa pke yg namanya HANDBRAKE alias rem tangan

caranya :
1. pada saat antrian di tanjakan...segera rem tangan lalu netralkan gigi...(mobil akan trtahan oleh rem tangan) jadi agan bsa santai ga prlu capek2 kaki injek rem kaki

2. pada saat antrian mulai maju,,agan dsini harus bermain feel(trutama kopling mbil agan..stiap mobil berbeda2 tingkat kedalaman penginjakan kopling) ... injak koplingnya, msukkan gigi 1, sembari melepas kopling, tangan kiri agan jga smbil mlepas rem tangan ..singkronkan antara lepas kopling dan lepas rem tangan...klo feelnya salah..mobil pasti mati..

3. apabila setelah melakukan cara diatas tapi mesin mobil malah mati..lakukan lagi cara diatas..

dijamin dengan cara ini mobil tidak akan menggelundung ke blkg dan nabrak mobil blkngnya hehehehe...

yg trpenting JANGAN PANIK!

sekian tips dari ane.. semoga manfaat


DOWNLOAD ARTIKEL INI



sumber: http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=10594974


FACEBOOK COMMENT


3 Response to "Cara PARKIR MOBIL Paralel, Serong, Bejajar saat Landai, Tanjakan atau Turunan"

.
gravatar
kowi ardana Says....

kal0 mau maju dlm jln datar lepas k0pling pelan2 tanpa digas mesin mati gak ya?

.
gravatar
pakne Says....

saya juga lagi belajar nyetir nih mas,, pertama memang agak canggung juga yang hasilnya mobil mati mesinnya karena belum terbiasa nginjak rem sama gas dan kopling, mungkin benar,, harus ada keselarasan feeling antara penekanan di gas kopling maupun remm,, harus banyak brlatih nih saya supaya cepet lancar, mohon doanya ya mas bro, trims

Leave A Reply

Jangan cuma jadi pembaca, utarakan pendapatmu!

 
..::TAHUKAH KAMU?? : Lebah harus mengumpulkan sari bunga dari sekitar dua juta kuntum bunga untuk menghasilkan madu sebanyak setengah kilogram. :: Unta dapat kehilangan hingga 30 persen berat tubuhnya karena keluarnya keringat, dan tetap berjalan melintasi padang pasir? Manusia akan mati setelah 12 persen dari berat tubuhnya hilang dalam bentuk keringat. :: Titik leleh cokelat adalah 35°C :: Bahwa seekor sapi rata-rata menghasilkan 40 gelas susu setiap harinya :: Hampir semua lipstik mengandung sisik ikan! :: Bahwa Indonesia adalah satu-satunya negara di dunia yang pernah keluar dari keanggotaan PBB untuk kemudian masuk lagi? :: Setiap tahun Brasil menghasilkan hampir sepertiga produksi kopi dunia? :: Rata-rata orang dewasa tertidur dalam waktu tujuh menit setelah lampu dimatikan? :: Orang kidal cenderung mengunyah makanannya dengan bagian kiri mulutnya? :: Bahwa belalang hanya mampu melompat pada temperatur minimum 16,7°C? :: Bahwa Jepang adalah importir bijih besi terbesar di dunia? :: Bahwa di kota Washington, D.C., tak ada bangunan yang boleh lebih tinggi daripada Monumen Washington? Sementara itu di Bali tidak ada bangunan yang boleh lebih tinggi daripada pohon kelapa. :: Bahwa bayi jerapah tingginya 1,82 meter pada saat ia dilahirkan? :: Bahwa pada jalur rel kereta api antara Stasiun Padalarang hingga Stasiun Purwakarta terdapat kurang lebih 400 jembatan kereta api? :: Bahwa usia rata-rata seekor nyamuk adalah dua minggu? :: Bahwa untuk memproduksi sebuah mobil, termasuk bannya, dibutuhkan sekitar 138.127 liter air? :: Bahwa lalat dapat mengepakkan sayapnya sekitar 500 kali per detik? :: Bahwa mata burung unta lebih besar daripada otaknya :: Gigitan lintah tidak menimbulkan rasa sakit karena mengandung zat anestesis. :: Bahwa dulu Coca-Cola berwarna hijau? :: Setelah tiga minggu berlibur, IQ kita dapat berkurang hingga 20 persen! :: Jika kita makan semangka dan gula aren bersamaan bisa menjadi racun yang berbahaya! Bahkan hingga menyebabkan kematian!? :: Kuda Nil kentut lewat mulut :: Kebanyakan orang bisa mendengar lebih baik dengan telinga kanan! :: Kambing mempunya pupil mata segi empat::..