Senin, 25 Juni 2012

Yuk, Belajar Menggambar MANGA!!

tags: cara menggambar anime, komik, manga pemula dengan sket
Halo agan-agan smua 

Agan sudah pernah nonton anime atau baca manga? 
Pasti dong, toh sudah jadi umum sekali kan anime dan komik-komik manga di indonesia 

Nah, pernah ga terbesit di pikiran agan buat mencoba menggambar karakter-karakter favorit kalian, atau malah agan pingin membuat karakter asli bikinan agan sendiri? 

"Ane pengen tapi ane ga bisa gambar gan, gambar ane kurang bagus, ga punya bakat... "
Weitsss, jangan gitu gan. Ngegambar itu ga harus punya bakat kok, siapa saja pasti bisa ngegambar kok gan. Asal punya niat dan usaha. Yakin deh gan kalo misalnya agan serius berusaha buat berlatih menggambar, ane jamin gambar agan nanti jadi tambah bagus  Ga mungkin ga ada gunanya atau malah tambah jelek 

"tapi ane ga tau cara ngegambar yang bener gan, proporsi gambar ane selalu aneh, jadi kurang enak dilihat... "
Tenang gan, semuanya itu ada rahasianya  dan ane siap buat membantu agan dengan tips-tips yang nanti akan ane berikan agar pengetahuan dasar menggambar manga agan tercukupi, sehingga nanti agan mulai bisa mencari style gambar agan sendiri 

Siap gan? 
Siap untuk belajar menggambar manga?

Alright, here we go! 





-------===========-------

INTRODUCTION



-------===========-------


Welcome to my "tutorial on how to draw manga!"

Kita akan mulai dari pengenalan basic dari sebuah karakter itu sendiri.

Tubuh sebuah karakter itu pada dasarnya memiliki beberapa bagian. 
Dari yang paling atas,
-Kepala
-Badan
-Pergelangan tangan
-Pergelangan kaki

Nah, untuk tutorial yang nanti akan ane bahas, ane akan memberitahu basic-basic tentang menggambar kepala dari sebuah karakter dahulu. Karena bagian itulah yang paling sering digambar dan paling penting diantara seluruh tubuh 

So, prepare your pencil and your paper, and let's learn how to draw the head! 



-------===========-------

HEAD




-------===========-------



Basic theory

Pada dasarnya kepala manusia itu berbentuk seperti sebuah telur terbalik, alias bulat di atas, dan lonjong di bawah.

percaya ga? 

Spoiler for telur terbalik: 


hehehe, ternyata kepala kita tuh mirip telur 


Kepala itu terdiri dari :
-Rambut
-Alis
-Mata
-Telinga
-Hidung
-Mulut
-Leher

Nah, di tutorial ini, akan ane tunjukkan bagaimana cara menggambar kepala step-by-step, dari yang paliiiing basicnya dahulu, dan dengan penjelasan sedetil mungkin. Agar agan-agan nanti mengerti pemikiran dasar cara menggambarnya. Ok? 

Alright, kita akan mencoba dahulu menggambar kepala cowo dari depan. Diperhatikan yah detail-detailnya 


Drawing Head, Front View

Ok, here we go, the serious one, ga usah pakai basa-basi lagi ya  ane yakin agan-agan sekalian sudah ga sabar buat mulai belajar menggambar... heheheheh 

dipersiapkan ya gan bandwithnya, karena ane akan menjelaskan setiap step dengan gambar sebanyak mungkin agar penjelasannya cukup detail 

jika agan dah siap, silakan membuka spoilernya, and good luck!


1.
Dalam menggambar, kita akan selalu menggunakan beberapa garis bantu (alias sketsa dasar) agar gambar kita menjadi lebih rapih dan proporsional. 
Nah, garis bantu apa saja yang akan kita pakai? kita mulai dengan membuat sebuah garis lingkaran.



2.
lalu kita buat sebuah garis vertikal di tengah-tengah lingkaran tersebut, dan buat garis vertikalnya lebih panjang dibagian bawah lingkarannya ya 



3.
nah, sekarang gantian kita buat garis horizontal di tengah-tengah lingkaran tadi. Garisnya boleh lebih dikit dari lingkarannya.



nah... garis-garis bantu tadi adalah yang paling dasar dan paling penting. Garis bantu selanjutnya adalah optional, tapi ane rekomendasikan untuk tetap dibuat agar gambar menjadi lebih proporsional dan feeling agan menjadi lebih mantab 

4.
ok, sudah selesai dengan garis bantu basicnya? sekarang kita perdetail lagi garis-garis bantunya agar presisinya nanti akan lebih mantab. 
Buatlah garis horizontal yang sedikit lebih kebawah dari tepi paling bawah lingkaran tadi, panjang garisnya minimal sepanjang garis horisontal sebelumnya ya 



ini akan kita namakan sebagai garis rahang. karena nanti garis bantu ini akan membantu kita menentukan letak rahang karakter kita. penasaran? hayu kita lanjutkan lagi 

5.
sekarang buatlah sebuah penanda kecil di garis vertikal tadi, jaraknya dari tepi lingkaran terbawahnya adalah sekitar 1/4 dari total diameter lingkaran tadi.



ini adalah garis dagu, inilah yang akan menentukan seberapa besar panjang kepala karakter kita nanti 

6.
mulai bosan dengan membuat garis-garis yang ga jelas mulu ya? 
sabar gaaan, dikit lagi bakal mulai kelihatan kok... hehehe 

nah, buatlah garis vertikal (yang agak miring) mulai dari sisi paling kiri lingkaran, sampai ke garis rahang yang barusan kita buat tadi.



7.
Lanjutkan garis yang agan buat barusan tadi, kali ini tarik garisnya sampai ke garis dagu.



8.
nah, sekarang buatlah garis yang sama dengan step 6 dan 7 tadi, bedanya, sekarang garisnya berada di sisi kanan dan merupakan kebalikan dari garis step 6 dan 7 tadi.



hayoooo, mulai keliatan kan? semangat semangat! 

9.
"waduuuh, kok garis kepalanya jadi keliatan lancip gini... "
tenang dulu gan, pada dasarnya itu tadi adalah garis bantu bentuk kepala, hehe.

Naaah, sekarang kita perhalus garis-garis lancip tadi, biar terasa lebih alami bentuk kepalanya 



10.
Alright! sekarang garis kepala yang lancip tadi sudah bisa kita hapus, garis rahang dan garis dagu juga sudah bisa di hapus. Hati-hati ya menghapusnya, jangan sampai garis kepala (yang benarnya) ikut terhapus, dan jangan pake emosi menghapusnya, kasian kan nanti kalau kertasnya lecek 



wooohoooo! jadi deh gambar bentuk kepala kita! sekarang ayo mulai menggambar matanya 

11.
Untuk mata, kita akan membuat beberapa garis 'penentu' dan 'pembatas' lagi. Penasaran? Atau sudah bosan membuat garis-garis lagi? Jangan sampai bosan ya gan, semua garis ini sangat berguna kok. Lah tadi coba, buktinya kita sudah membuat garis-garis yang banyak banget, dan pada akhirnya? Hasil akhirnya cukup proporsional kan? Naaah, makanya jangan bosan-bosan gan ngebuat garis-garis pembantu ini 

Kali ini kita akan membuat beberapa tanda untuk membuat gambar mata, buatlah sebuah titik di garis horisontal lingkaran tepat di tengah-tengah antara garis vertikal lingkaran dan tepi lingkaran.

lalu buatlah titik yang sama juga pada sisi sebelahnya 



titik tadi adalah yang akan menandakan lokasi gambar mata kita akan berada 

12.
more dots! sekarang bagilah lagi jarak tersebut tadi dengan titik penanda. Buat se-equal mungkin 



titik-titik tadi adalah titik yang akan menentukan seberapa besar gambar mata kita nanti.


13.
ok, ane yakin agan-agan sekalian pasti sudah berkoar-koar karena sudah kesal disuruh membuat titik-titik terus. Tadi udah garis, sekarang titik, nanti apalagi??! >.<
Hehehe, tenang gan, justru asiknya itu dimulai dari sekarang. Siap? hayu kita mulai menggambar matanya! yuhu!

Kita mulai dengan membuat garis lengkung yang akan menjadi kelopak atas mata kita 

posisi dari kelopak ini sendiri optionable, tapi ane sarankan untuk selalu sedikit dibawah garis horisontal lingkaran, kecuali untuk special occassion seperti tokoh sedang melotot, etc bisa sampai diatas garis horisontal lingkaran.



14.
lalu kita buat garis lengkung dibawahnya dengan panjang yang lebih kecil dari garis kelopak atas tadi. Garis inilah yang akan menentukan seberapa 'sipit/belo'nya mata karakter kita 



15.
hiiiy, serem ya gan, karakternya seperti lagi pingsan 
hayu buruan dibuat pupil matanya 



16.
ok, sekarang bikin alisnya gan, karena ini karakter cowo, bikin alisnya yang agak tebal ya gan, biar 'cowo'nya kelihatan 




17.
Hore! Matanya udah jadi!
Hehehe, udah mulai kelihatan hasilnya kaaan? Hayu kita teruskan sampai akhir gan! Keep the spirit on fire!!! 

Sekarang kita buat gambar hidungnya. Kita akan buat gambar hidung yang cukup simpel aja, caranya? coba kita tarik garis kecil di tengah2 garis vertikal lingkaran. 

Kita mulai dari menarik garis dari atas, garisnya yang tipis dulu ya, lalu semakin ke bawah semakin tebal garisnya, lalu sebelum mencapai persilangan antara lingkaran dengan garis vertikalnya, tipiskan lagi garis hidungnya.

kira-kira seperti inilah gambar hidungnya, simpelkan? 



inilah hasilnya ketika ditempatkan ke gambar kepala kita 



18.
waaaah, tinggal mulut nih sebelum gambar mukanya lengkap! 
untuk ukuran mulut, kita bisa bebas menentukan seberapa lebar atau imutnya mulut karakter kita, meski biasanya lebarnya tak melebihi jarak kedua mata. Tapi kembali lagi, ini preferensi masing-masing. Disini ane akan memberikan sebuah senyuman kecil... hihihihi



hihihi, karakter kita sedang tersenyum!  

19.
telinga! telinga! hayu kita buat gambar telinganya. Caranya gimana? Garis telinga itu kurang lebih sama seperti huruf C, dan lipetan dalam daun telinganya itu seperti huruf S. Hehe, main huruf-huruf sekarang nih 

posisi telinga itu biasanya dimulai dari bagian tengah mata, sampai tepi bagian bawah lingkaran. Hayu dicoba 



20.
aaaah! kecewa nih! garis bantunya sepertinya mengganggu gambarnya ya? ya sudah, saatnya menghapus garis-garis bantu ini! toh kerja garis-garis itu sudah selesai..
siap2 dihapus... 



HAYOOO!!! ga nyangka kan? Bisa jadi gitu ternyata! hehehehehhe ajaib kan? 

tapi ada yang kurang nih.... KARAKTER KITA GUNDUL!!!! yahahahahhaha. Hayu dibuat rambutnya sekarang biar karakter kita ga ngambek gara-gara kepalanya kinclong 

21.
untuk menggambar rambut, kita akan membuat 2 garis bantu lagi (2 garis ini yang terakhir gan!!! suerrrrrrr )

pertama-tama buatlah sebuah garis lengkung di atas mata... seperti ini 



naah, garis ini adalah garis batas tumbuh rambut, bayangkan saja seperti seberapa luas jidat karakter agan 

bentuknya adalah seperti huruf C yang sedikit lebih menggembung di kedua sisinya 

lalu buat garis lengkung lagi di luar lingkaran dan ikutilah kelengkungan garis batok kepala.



garis ini akan menentukan seberapa tebal rambut karakter kita. Jadi seberapa tebal terserah agan ya! asal jangan terlalu tipis/tebal juga 

ok, persiapan rambut telah selesai, sekarang kita maju lagi ke penggambaran rambutnya itu sendiri! Maju!!!


22.
hayu kita buat poni rambutnya dulu! Ingat, kita sudah membuat garis pembatas tumbuh rambut, jadi jangan membuat garis /\ lebih dari garis yang telah ditentukan tadi... contohnya seperti ini


ini salah! jangan lakukan ini!

jangan melebihi garis yang telah ditentukan sebelumnya, yang benar adalah seperti ini.


naaah, terasa lebih natural bukan? 

23.
ok.. lanjooeet, sekarang kita akan membuat rambut bagian luarnya. Ingat, kali ini garis batas tumbuh rambut adalah lingkaran batok kepala. Sedangkan untuk ketebalan rambutnya, atau model zig-zag rambutnya, ikutilah garis ketebalan rambut yang tadinya telah ditentukan 

 

24.
wowowowowowowo bentar lagi selesai! Tapi sebelum itu mari kita gambar dahulu lehernya.

tebal leher untuk laki-laki biasanya sekitar jarak antara kedua mata. Tapi ini tidak menjadi keharusan, kadang bisa lebih lebar dan kadang bisa lebih kecil juga  



daaaaan, tinggal hapus garis batas tumbuh rambut dan ketebalan rambutnya, beri warna sedikit... dan... voila!!!!



SELAMAT!!!!! 
kita telah selesai membuat gambar kepala karakter kita! gimana? asik bukan? 

well, at least the result isn't too bad, is it? 
lah wong TSnya aja sendiri gambarnya belum bagus kok (udah tau belum bagus, malah nekad bikin trit tutorial aja )



"ane sekarang pingin gambar karakter cewe gaaaan! ajarin dong cara-caranya... "
siiiiip, sekarang ane anggep agan smua sudah hapal dengan basic-basic tadi ya.. jadi untuk beberapa step ane skip.

sekarang hayu kita buat karakter cewe yang cantiiiiiiiik    


1.
sketsa dasaaaar... sketsa dasaaaar... selalu gunakan garis-garis ajaib ini  dijamin tak akan menyesaaaaal 



2.
alright, sekarang mulai ane ajarkan apa saja perbedaan antara kepala cowo dengan kepala cewe... disimak baik-baik ya gan 

kita mulai dari garis rahang, biasanya garis rahang cewe sedikit lebih tinggi dari garis rahang cowo. (sedikit ya gan! jangan sampai merusak proporsinya juga! )

dan garis dagu juga biasanya lebih pendek dari garis dagu cowo (alias kepalanya lebih kecil daripada kepala cowo).



3.
ok, sekarang kita buat garis bantu bentuk kepalanya, gapapa kok kalo misalnya masih tajem-tajem sudutnya, yang penting dibuat dulu garisnya 



4.
sudah? Ok tinggal diperhalus garis bantunya tadi untuk mendapatkan bentuk kepalanya.

ada beberapa tips disini :

-garis rahang cewe itu lebih halus daripada garis rahang cowo.
-sedangkan dagu cewe, itu lebih lancip daripada dagu cowo.



5.
ok, kalian bisa hapus garis bantu bentuk kepala, garis rahang, dan garis dagu. Meninggalkan garis bentuk kepalanya yang halus 

sekarang mari kita beralih ke mata. Kita buat dahulu titik bantu untuk menentukan posisi matanya. Titik bantunya sama ketika kita membuat titik bantu mata untuk karakter cowo 



trivia kecil dalam membuat gambar mata cewe

-terkadang ada yang membuat ukuran matanya menjadi lebih besar dari cewe. Tapi untuk ane, ane tidak membuat ukuran matanya membesar, melainkan pupil-nya lah yang ane perbesar. Akan diterangkan lebih lanjut nanti 

6.
alright, sekarang mari kita buat kelopak mata atasnya. ada tips juga untuk menggambar kelopak mata atas cewe

-karakter cewe mempunyai kelopak mata atas yang lebih tebal dari cowo. Ini adalah tips penting  Dan jika bisa/diperlukan, dapat digambar pula bulu lentik di kelopak mata atasnya, (tapi hati-hati jangan terlalu banyak lentikannya, bisa-bisa di sangka cewe yang dandanannya menor 



7. 
next! kelopak mata bawah dari karakter cewe. ada tipsnya juga niiih

-kelopak mata bawah cewe tetap lebih tebal dari cowo, tapi terkadang panjang garis kelopak matanya menjadi sedikit lebih pendek dari cowo. Yang ini optional 



8.

nah... masuk ke bagian pupil mata. Disini yang tipsnya kudu di perhatikan.

tipsnya simpel aja, yaitu pupil mata cewe itu jauh lebih besar dari pupil mata cowo. Bahkan dalam beberapa kasus (gambar maksud ane ) ukuran pupilnya hampir memenuhi seluruh bagian mata. Tapi ini kembali ke preferensi masing-masing. Basicnya itu pupil mata cewe biasanya lebih besar dari pupil mata cowo.



9.

ok, tinggal alisnya! tips yang kudu diperhatikan

-alisnya cewe itu biasanya lebih tipis dan lebih panjang ketimbang alis cowo.



kalau sudah selesai gambar matanya, sudah bisa dihapus titik-titik pembantu mata 

10.
turun ke hidung sekarang. inget, agar kesan cute cewenya kelihatan, coba ukuran garis hidung di perkecil. Atau minimal tidak sepanjang dan setebal hidung cowo.

dan untuk mulutnya, tentu aja ukuran mulutnya lebih tipis dan lebih mungil, agar kesannya menjadi cewe 'manis' 



11.
alright... telinga. Untuk telinga.. lagi-lagi ukuran telinga cewe itu lebih kecil daripada telinga cowo, dan alasannya lagi-lagi karena untuk membuat kesan cewe 'manis' 

tapi untuk posisi telinga, letak telinga cewe itu lebih kebawah sedikit dari letak telinganya cowo.



setelah itu bisa dihapus garis-garis bantunya. tapi biarkan dulu garis bantu batok kepalanya, kita akan menggunakannya itu buat gambar rambutnya nanti 

12.
Naaaah, rambut. Berhubung rata-rata cewe mempunyai rambut yang lebih panjang dan tebal dari cowo, maka untuk pembuatan garis bantu untuk tebal rambut, bisa dipertebal/diperbesar area tebal rambutnya. Sedangkan untuk batas tumbuh rambut di bagian jidat dan batok kepala karakter masih sama dengan cowo.

kita buat dulu garis bantu rambutnya 



13.
ok, kita buat poninya. Ini lagi-lagi untuk masalah rambut, kembali ke presensi masing-masing. Tapi buat rambutnya sehalus mungkin, jangan sampai kaku 

perbanyak lengkungan daripada garis lurus untuk membuat garis-garis rambutnya, lalu sela-sela rambut jangan terlalu lebar. Buat se'berisi' dan sehalus mungkin.



14.
sekarang kita buat rambut bagian luarnya. Kali ini ane akan coba membuat rambut panjang, karena cewe itu identik dengan rambut panjang bukan? 

sekali lagi ini rambut, masalah presensi masing-masing, jadi jangan terlalu terpaku dengan apa yang ane buat nanti ya 

tapi tips basic dari rambut cewe itu simpel, ya itu perhalus lengkungan setiap helai rambutnya, lalu jangan banyak menggunakan rambut zig-zag (kecuali ingin membuat cewe yang keras hidupnya sama seperti cowo ). Dan perbanyak arsiran pada rambutnya jika memungkinkan (meski lebih dianjurkan sih )



jika sudah selesai, sudah bisa di hapus garis bantu rambut dan garis bantu batok kepalanya 

wih, udah kelihatan cantik nih... hehhehehe 

15.
ok, leher! berhubung badan cewe itu lebih mungil daripada badan cowo, maka leher cewe biasanya lebih kecil dari leher cowo, jadi terasa seperti leher cewe itu lebih panjang 

leher jelas lebih tipis/kecil dari leher cowo, tapi untuk urusan panjang/pendek ini optional. Kadang tipisnya menyesuaikan dengan panjangnya, kadang juga tidak. Try experimenting! 



tinggal tambahin warna sedikit... dan VOILAAA!!! 



lumayan manis kan gambar cewenya gan?  


sumber: http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=14327737

75 komentar:

  1. so helping :) arigatou ^^
    I'll wait for another info about manga :)

    BalasHapus
  2. jadi jg gambar sy. trimakasih infonya..

    BalasHapus
  3. Makasi gan, potingan yg membantu sekali

    BalasHapus
  4. good. lngsung nyobain nge gambar ah hehe
    makasih gan

    BalasHapus
  5. trnyata gaampill bgt ya! ok thankss bgt ya!

    BalasHapus
  6. bagus gan, bahasanya juga tidak monoton.
    jadi ketawa2 sendiri saya bacanya (bukan gila lho) kapan2 bikin badannya ya... mau saya coba nih, manteb gan.

    BalasHapus
  7. oh iya~ anda menggambar contoh di atas dimana?
    *photoshop kah? kerta kah?

    BalasHapus
  8. wuih keren gambarnya om,

    jadi pengen nyoba..

    BalasHapus
  9. saya adalah seorang guru TK..dan harus bisa menggambar...blog anda sangat berguna buat saya. thank you.

    BalasHapus
  10. ok gan skrg saatnya ane untuk koprol smbil blang WOW!!

    BalasHapus
  11. Ah , Bagussan Cara Gue oii .. cacad inima

    BalasHapus
  12. terima kasih atas informasi yang sudah di berikan

    BalasHapus
  13. Aah gak terlalu bagus tuh.. Bagusan gambar anime gue, pertama yang gue gambar itu mata terus hidung lalu mulut terus itu baru bentuk wajah.. Kalo caranya tadi banyak dihapus-hapus jadi ribet ah...

    BalasHapus
  14. setubuh sama anonim di atas,, cara otodidak emang lebih enak

    BalasHapus
  15. @anonim: terima kasih tanggapannya

    semua orang punya cara tersendiri dalam menggambarnya,
    yang terpenting adalah tetap berkarya dan kreatif!

    BalasHapus
  16. Thx bang infonya..
    Klu bisa cara buat tubuhnya jg dunk..
    :v

    BalasHapus
  17. waaahh!!! mudh dimengerti yaaa bahkan seperti aku yang umur 10 tahun bisa ngerti mantap kaka :)

    BalasHapus
  18. patut di coba!!!

    BalasHapus
  19. Bagus sih,tapi aku maunya full,sama badannya

    BalasHapus
  20. Hadeh gambarnya bagus bener ya sama kya gambar adik ku~_~"

    BalasHapus
  21. makasih ni infonya.berguna bgt ! >,<
    arigatou !

    BalasHapus
  22. waah si om jago yah gambarnya, lumayan bwt pamer" ke temen" wakwkaw, kapan kapan klo bisa bikin full body dong hehe, jd penasaran nih, masa yg di pajang kepala doank, kan gak asik, anyway ngebantu bgt, tenkyuuu

    BalasHapus
  23. bagus.. bagus...
    aku jadi lumayan ngerti...
    thanks ya,, infonyaa

    BalasHapus
  24. Wah bagus gan ane bisa gambar keren skrg

    BalasHapus
  25. Wah bagus gan ane bisa gambar keren skrg

    BalasHapus
  26. ITU PAKAI APA PHOTOSHOP ATAU COREL? :O

    BalasHapus
  27. wah sangat-sangat membantu gan ^^
    makasih bgt dah
    jd tambah ilmu lg bwt gambar

    BalasHapus
  28. OK banget....
    Keren Lagi...
    Makasih Ya Kak....

    BalasHapus
  29. Wah, trims gan. Bnr" membantu cara menggambar gue ya biasanya dibilang kaku. :)

    BalasHapus
  30. gan, klo mao gambar wajah orang dari damping pagimane cara'a?

    BalasHapus
  31. macan uey gambarnya. ikut gambar ah..

    hehehe

    BalasHapus
  32. gambar saya jadi bagus, makasih gan!

    BalasHapus
  33. Keren...
    arigatou gozaimasu. Py aku bysanya autodidak.
    Bgiku yg susah tuh tangan ma jarinya.......
    Susah

    BalasHapus
  34. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  35. kak, tubuh, kaki, sama tangannya juga dong, + pakaiannyaaa

    BalasHapus
  36. gan Ni INFO bermanfaat banget., Thanks

    BalasHapus
  37. Tutorial gambar tubuhnya juga dong >.<

    BalasHapus
  38. Wah... makasih ya infonya :D. Membantu bngt.

    BalasHapus
  39. Bermanfaat bgt buat aku yg baru mulai belajar menggambar manga.
    Makasih kaka :)
    mana nih tutorial yg full body + accessoris.

    BalasHapus
  40. mantab gan, jadi inget udah lama gak pernah gambar manga lagi nih !! dulu paling sering gambar megaman atau rockman soalnya lihat temen jadi tertarik !! hehe malah curhat !!

    BalasHapus
  41. sangat sistemais, teratur dan efektif

    BalasHapus
  42. read more: http://reddamuralart.wordpress.com/2012/07/14/cara-melukis-dan-menggambar-manga-bagi-pemula/ and' sekolahalmarridho.blogspot.com
    thanks' for your take care ^^

    BalasHapus
  43. waw!! visiter this blog!! i like it!!

    BalasHapus
  44. hm,susah-susah gampang euy...

    BalasHapus
  45. Seep dah.....
    Thanks ya



    skarang gw bis perbagus gambar gw dgn cara tersebut

    BalasHapus
  46. Gan,....gambar matanya susah amat,...?

    BalasHapus
  47. Gan,.....cara buat efek biar keliatan hidup gimana?

    BalasHapus
  48. aku sering buat, ternyata pakai sketsa lebih bagus

    BalasHapus
  49. coba gambar yang banyak arsirannya, kayak dikomik-komik (aku nyusahin ya) kelihatannya susah banget

    BalasHapus
  50. Anda mengajarkan seperti dora saja, @lol, tapi ada yg kurang, buat baju,sepatu, dan properti lain seperti topi, meja, dan lain" itu kan masih perlu... Tapi don't katsudon, eh dont worry, saya belajar sendiri dari teman,
    XD

    BalasHapus
  51. thx bnget gan
    jadi ngerti cara guna garis bantu :3

    BalasHapus
  52. BANG GAMBARANNYA SIH BAGUS TP KOK MASIH KAKU

    BalasHapus
  53. gan, ane minta tips dong buat gambat tokoh antagonis
    arigatougozaimatsu......

    BalasHapus
  54. Mantap Bang!! Trik Nya Simple Hasil Nya Mantaf :)

    BalasHapus
  55. ko ane gak bisa ya gan,dicoba malah aneh
    apa ane yg enggak bisa gambar ya?

    BalasHapus
  56. gambarnya kok susah siiih udh dicoba tetep gak bisa niich

    BalasHapus
  57. Arigatou gozamaisu!>.< Post lagi dong, tubuh, pakaian, dan accecoris-nya. hehe^^

    BalasHapus
  58. sangat membantu,Arigatou Gozaimasta...................

    BalasHapus
  59. barusan gambar hasil nya gak jelek2 amat ya bisa dibilang oke sih buat pemula
    thanks tutorialnya

    BalasHapus
  60. Terimakasiiih membantu sekali :D

    BalasHapus
  61. makasih hehe asik dapat ilmu nih dari agan yang baik hati ini :D tampilan blog agan keren banget kalau boleh tau apa nama templatenya :) kasih tau dong...


    JOIN SITE -> WWW.CYBERPWK.COM Cara Hack & Mengetahui Password Facebook Terbaru

    BalasHapus

Jangan cuma jadi pembaca, utarakan pendapatmu!

Copyright © 2014 Bukan Isapan Jempol | Designed With By Blogger Templates
Scroll To Top