Sabtu, 12 Mei 2012

Suka melancong?? WASPADAI JET LAG!!


Agan-agan pernah naik pesawat kan?? 
Apalagi yang suka melancong ke luar negri... 

hhmmm....ternyata ada efek samping karena kita pindah ke belahan bumi lain!!
apa efeknya?? efek itu adalah jet lag
mungkin agan bertanya, apa itu jet lag??? 

mari simak dibawah ini gan.. 

Quote:
Quote:
Quote:
Jet lag adalah sebuah kondisi psikologis akibat perubahan jam biologis atau yang dikenal sebagai ritme circadian. Jam biologis ini berfungsi mengatur kapan tubuh harus beristirahat, kapan tubuh memerlukan makanan atau kegiatan lainnya yang dilakukan tubuh selama 24 jam.
Jika Anda sering bepergian ke belahan dunia lain, maka perbedaan jam secara mendadak akan membuat Anda mengalami jet lag.
Gejala jet lag bermacam-macam, tergantung jumlah zona waktu yang dilintasi,dll.
Gejala-gejalanya meliputi: 
• Sakit kepala
• Kelelahan, pola tidur tidak biasa, insomnia
• Disorientasi, kepeningan, iritabilitas
• Depresi kecil
• Sembelit atau diare
Kecepatan orang mengatasi jet lag berbeda-beda. Ada yang cepat, ada juga yang sulit dan membutuhkan waktu berminggu-minggu. Tetapi normalnya, jet lag bisa diatasi dalam waktu seminggu. Penyesuaian jam biologis tubuh amat berpengaruh terhadap kinerja tubuh dan pikiran selama di tujuan. 
mungkin timbul pertanyaan di benak agan sista sekalian, adakah cara untuk mengatasinya???
tentu saja ada,,, berikut tips-tips mengatasi jet lag 

Quote:
Quote:
Quote:
Untuk Anda yang berjuang mengatasi jet lag, berikut ini tips-tipsnya:

Tetap beraktivitas
Kalau Anda tiba di tujuan pada siang hari, sementara di daerah asal Anda sudah malam, paksakan diri untuk tetap bangun dan mengikuti ritme waktu setempat. Beberapa kegiatan yang bisa dilakukan adalah berjalan kaki atau berolahraga supaya ketika malam,agar tubuh benar-benar letih dan Anda tertidur pulas.

Paksakan tidur

Sebaliknya, jika Anda tiba pada malam hari, paksakan diri untuk tidur atau beristirahat. Lakukan berangsur-angsur begitu setiap hari sehingga jam biologis tubuh dapat menyesuaikan. Hindari kegiatan yang menguras pikiran dan tenaga di malam hari seperti mengerjakan tugas atau begadang.

Cukup istirahat sebelum berangkat

Istirahat sebanyak mungkin sebelum berangkat sehingga tubuh siap menghadapi penyesuaian.

Atur waktu istirahat/jaga sesuai daerah tujuan

Ubah waktu di jam tangan Anda sesuai waktu setempat, dan ikuti ritmenya sejak di pesawat. Misalnya, jika Anda dari Tokyo pukul 16.00 terbang ke San Francisco, maka Anda diperkirakan tiba pukul 10.00. Jadi, usahakan tidur selama di pesawat sehingga ketika mendarat, tubuh Anda sudah sesuai dengan waktu pagi menjelang siang.

Begitu pula sebaliknya. Jika Anda mengambil penerbangan pagi, jangan tidur selama perjalanan supaya begitu sampai, Anda sudah siap mengikuti waktu di daerah tujuan.

Atur waktu transit


Waktu transit yang lebih lama memungkinkan tubuh untuk beristirahat lebih banyak dan menikmati kegiatan fisik, yang terbukti dapat membuat tubuh lebih siap dan bugar menghadapi jet lag.

Minum air putih yang banyak


Penerbangan panjang dapat membuat tubuh Anda kekurangan cairan (dehidrasi) dan mengurangi daya tahan tubuh. Apalagi ditambah faktor kekurangan oksigen (karena oksigen di kabin pesawat lebih sedikit daripada di alam terbuka). Untuk mencegahnya, minumlah air putih yang banyak. 
nah...dah tau kan apa itu jet lag dan cara mengatasinya?? 
moga membantu ya gan.. 


Spoiler for tambahan dari agan agan :: 
Quote:
Originally Posted by chrismapetra View Post
nambahin cara ngatasinya ya gan...
kalo pengalaman ane, ane cocokin jam keberangkatan dengan waktu tujuan, misal mau ke munich, lama perjalanan sekitar 12 jam lebih, jadi diusahakan berangkat dari sini agak malem, jadi kita bisa istirahat selama di perjalanan, sisanya cara yang dianjurkan TS bener banget.. sampai disana pagi2 jangan langsung tidur, mending buat jalan2... hehehehehe
cmiiw (colek me if i'm wrong )
Quote:
Originally Posted by Nugrohohow View Post
biasanya kita akan terbiasa di suatu kota tujuan kita selama 3 ampe 4 harian gan , itu fakta dari nene ane yang suka pulang pergi ke USA.



Junker Kelaut Aja Dah !
Quote:
Originally Posted by Riblovely View Post
wah kalo jet lag sih ane tau nya lagunya si simple plan gan 

tp denger" jet lag kadang suka di manfaatin sama perusahaan" buat menang tender loh.. jadi misalkan ada rapat buat nentuin pemenang tender dan orang penentunya itu dari luar negri.. jadi sengaja di atur waktu yang mepet banget sama waktu sampe nya orang itu sehingga pas rapat orang itu masih dalam pengaruh jet lag.. jadi lebih mudah di arahkan omongannya.. cari licik tp kayaknya efektif 
sumber: http://www.kaskus.us/showthread.php?t=12973895

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan cuma jadi pembaca, utarakan pendapatmu!

Copyright © 2014 Bukan Isapan Jempol | Designed With By Blogger Templates
Scroll To Top