Senin, 06 Februari 2012

Istilah kode Kualitas Film (TS, CAM, PPV, PD-RIP, dll)

Posted on 19.59 by Muh Hadi Abdul Aziz
Silahkan klik:

Bagi yang hobi download film pasti sering melihat tulisan seperti ini:
Harry Potter and the Deathly Hallows: Part 1 (2010) PPVRIP XviD-WBZ
atau
The Next Three Days (2010) CAM-XviD.avi
atau
New.Moon.2009.DvDrip.aXXo

Apa sih sebenarnya arti CAMrip, DVDrip, TS, dan sebagainya?
Berikut pengelompokan film berdasarkan source rilis yang berhubungan dengan kualitas gambar dan suara.

CAM

Juga biasa dikenal dengan CAM-rip, adalah Hasil Rekaman Bioskop yang direkam dengan menggunakan Handy Cam atau Camera Video sederhana. Biasanya direkam secara diam diam, dan kualitas gambar yang dihasilkan sangat buruk, gelap, goyang, dan segala aktifitas di ruangan bioskop juga ikut terekam seperti bayangan orang lewat, suara tertawa penonton dsb. Kualitas audio juga masih buruk.
Contoh video:


TELESYNC (TS)

Hampir sama dengan CAM, tetapi sumber audio bukan berasal dari kamera yang digunakan untuk merekam, melainkan dari Jack Audio di bangku penonton (kualitas audio sedikit lebih baik). TS juga biasanya direkam di Bioskop yang sepi penonton. Gambar yang dihasilkan sedikit lebih bagus dari CAM-RIP, Bayangan orang lewat sudah berkurang ataupun tidak ada.
Contoh video:

WORKPRINT (WP)

Versi workpirnt adalah film versi setengah jadi, versi ini belum selesai proses editing namun sudah tersebar bocoran-nya di internet, sehingga efek efek film biasanya belum ada. Ciri khas pada film tipe ini adalah adanya Timeline Marker sepanjang film. Film yang terkenal beredar di internet dengan tipe ini antara lain adalah X-MEN Original, dimana kadang kadang masih terlihat kabel-kabel slingshot untuk pembuatan filmnya.
Contoh video:
 

TELECINE (TC)

Dikenal juga dengan TeleCinema. Film jenis ini direkam dengan menggunakan Mesin Telecine, Mesin Telecine merupakan mesin yang menduplikat Film langsung dari PITA PROYEKTOR BIOSKOP. Kualitas Gambar dan Suara sudah lumayan bagus, namun film jenis ini jarang ditemukan karena kelangkaan Mesin Telecine.
Contoh video:

PPV-RIP

PPV = Pay Per View maupun VOD = Video-On-Demand, adalah Film yang direkam melalui saluran khusus, dimana untuk menonton film pada saluran tersebut biasaya dikenakan biaya. Siaran berbayar ini biasanya ada pada Hotel-hotel berbintang, acara workshop dan seminar, serta Club Film.
Contoh video:

TV-RIP

Merupakan hasil rekaman melalui Televisi, baik TV analog, HDTV, Tv Kabel dst .. TV-rip biasanya direkam dengan menggunakan VHS recorder, ataupun DVR. Sourcenya bisa berupa Composite, S-Video
Umumnya TV rip dibagi menjadi :
TVRip (analog) Hasil rekaman Dari TV analog biasa.
(HD)TVrip, Biasanya merupakan siaran TV episode biasanya direkam dari jaringan siaran TV Kabel / TV digital / TV Satelit. Biasanya adanya flicker pada film dan beberapa bagian mengandung artefak (Gambar kotak-kotak seperti CD ngadat).
DSrip, Digital Satellite RIP, film yang direkam dari Digital Satellite TV a.k.a Parabola
DVBRip, Merupakan tipe DSrip hanya saja sumbernya adalah dari TV satelit bertipe DVB-s. Satelite DVB-s inilah yang sekarang ngetrend untuk menerima siaran2 InternetTV. Beberapa provider internet bahkan menggunakan satelit DVB-s ini untuk downlink channel internet mereka dengan alasan penghematan
PDTV, PDTV (Pure Digital) adalah TVrip yg direkam menggunakan TV PCI card digital computer. Hasilnya yang terbaik dibanding TVrip yang lain.
HRTV dan HDTV. RIP
HRHDTV / HR.HDTV (High Resolution High Definition) merupakan film yang direkam dari siaran TV High Defenition.
HDTV (High Definition – 1280×720 resolution) merupakan film yang mempunyai resolusi High Defenition alias 1280×720 (720p)

Contoh video:

VHS-RIP

Merupakan versi Copy dari Kaset VHS yang telah resmi beredar. Versi VHS sudah sangat jarang ditemukan karena pendistribusian dengan kaset VHS ini sudah mulai ditinggalkan. Kualitas Gambar dan Suara sudah cukup baik.
Contoh video:

DDC

DDC adalah Digital Distribution Copy yang merupakan film yang didownload dan di distribusikan dari website resmi download film seperti blockbuster(dot)com netflix(dot)com redbox(dot)com dan sebagainya
Contoh video:

SCREENER (SCR)

Versi Screener merupakan Versi Promosi Pra Release, yang biasanya didistribusikan dalam format kaset VHS ke Toko toko Rental, TV dan media. Kualitas Gambar dan Suara bagus namun terkadang ada running text yang berisi iklan dari produsen film.
Tipe screener yang lain adalah DVD-Screener (DVD-scr)dan BD-Screeneder (BD-scr). Bedanya ada pada media pendistribusiannya berupa yang DVD ataupun BluerayDisk. Kualitas suara sudah cukup baik
Contoh video:

R5

R5 adalah DVD yang dirilis khusus untuk Negara yang termasuk ke dalam region 5 (Wilayah bekas Uni Soviet, India, Korea Utara, Afrika, Mongolia). Perbedaan mendasar R5 dengan TC adalah versi ini diproduksi dgn transfer langsung tanpa rendering. Namun TC juga sering diberi label R5.
Grup ripper yang sering merilis film dengan tipe ini antara lain PUKKA, DREAMLiGHT.
Contoh video:

DVD-RIP

DVD-rip Merupakan copy dari DVD (Digital Video Disc) asli yang telah resmi release. Kualitas Gambar dan Suara bagus.
Contoh video:

BD-RIP

Merupakan copy dari Blueray Disk yang telah resmi release. Kualitas Gambar dan Suara sangat bagus.
Contoh video:

Urutan Kualitas

Ini urutan dari SOURCE yang paling sering muncul/ Paling umum release di internet, karena untuk VHS-RIP, DDC jarang diupload. Urutan Berdasarkan dari Kualitas yang PALING JELEK (cam) sampai yang PALING BAIK (bd-rip):
CAM=>TELESNCY(TS)=>WORKPRINT(WP)=>TELECINE(TC)=>PAY PER VIEW(PPV)=>SCREENER=>R5=>DVD-RIP=>HDTV-RIP=>BD-RIP

sumber: http://gembysportian.blogspot.com/2012/01/istilah-kode-yang-menentukan-kualitas_17.html


FACEBOOK COMMENT


1 Response to "Istilah kode Kualitas Film (TS, CAM, PPV, PD-RIP, dll)"

.
gravatar
chelonia Says....

Menarik ya sobat, sebelumnya kalau ane donlot filem, ga liat kualitasnya, main kibas aja..
thanks gan.

Leave A Reply

Jangan cuma jadi pembaca, utarakan pendapatmu!

 
..::TAHUKAH KAMU?? : Lebah harus mengumpulkan sari bunga dari sekitar dua juta kuntum bunga untuk menghasilkan madu sebanyak setengah kilogram. :: Unta dapat kehilangan hingga 30 persen berat tubuhnya karena keluarnya keringat, dan tetap berjalan melintasi padang pasir? Manusia akan mati setelah 12 persen dari berat tubuhnya hilang dalam bentuk keringat. :: Titik leleh cokelat adalah 35°C :: Bahwa seekor sapi rata-rata menghasilkan 40 gelas susu setiap harinya :: Hampir semua lipstik mengandung sisik ikan! :: Bahwa Indonesia adalah satu-satunya negara di dunia yang pernah keluar dari keanggotaan PBB untuk kemudian masuk lagi? :: Setiap tahun Brasil menghasilkan hampir sepertiga produksi kopi dunia? :: Rata-rata orang dewasa tertidur dalam waktu tujuh menit setelah lampu dimatikan? :: Orang kidal cenderung mengunyah makanannya dengan bagian kiri mulutnya? :: Bahwa belalang hanya mampu melompat pada temperatur minimum 16,7°C? :: Bahwa Jepang adalah importir bijih besi terbesar di dunia? :: Bahwa di kota Washington, D.C., tak ada bangunan yang boleh lebih tinggi daripada Monumen Washington? Sementara itu di Bali tidak ada bangunan yang boleh lebih tinggi daripada pohon kelapa. :: Bahwa bayi jerapah tingginya 1,82 meter pada saat ia dilahirkan? :: Bahwa pada jalur rel kereta api antara Stasiun Padalarang hingga Stasiun Purwakarta terdapat kurang lebih 400 jembatan kereta api? :: Bahwa usia rata-rata seekor nyamuk adalah dua minggu? :: Bahwa untuk memproduksi sebuah mobil, termasuk bannya, dibutuhkan sekitar 138.127 liter air? :: Bahwa lalat dapat mengepakkan sayapnya sekitar 500 kali per detik? :: Bahwa mata burung unta lebih besar daripada otaknya :: Gigitan lintah tidak menimbulkan rasa sakit karena mengandung zat anestesis. :: Bahwa dulu Coca-Cola berwarna hijau? :: Setelah tiga minggu berlibur, IQ kita dapat berkurang hingga 20 persen! :: Jika kita makan semangka dan gula aren bersamaan bisa menjadi racun yang berbahaya! Bahkan hingga menyebabkan kematian!? :: Kuda Nil kentut lewat mulut :: Kebanyakan orang bisa mendengar lebih baik dengan telinga kanan! :: Kambing mempunya pupil mata segi empat::..