Selasa, 08 November 2011

[HOT] Mengaktivasi Otak Tengah? Pikirkan dulu Bahayanya!

Akhir-akhir ini kita di kejutkan oleh penemuan tentang bagaimana dahsyatnya otak tengah...berbagai lembaga mengadakan pelatihan singkat untuk mengaktivasi otak tengah dan menjanjikan peserta pelatihan akan menjadi anak yang cerdas dan jenius....tentu saja banyak orang yang tertarik dan mengikuti pelatihan tersebut...TAHUKAH ANDA...BAHWA MENGAKTIVASI OTAK TENGAH JUSTRU MENIMBULKAN BAHAYA....SILAHKAN DISIMAK GAN...

Otak kita terdiri atas otak kiri dan otak kanan serta otak tengah



Sampai hari ini belum ada satupun publikasi ilmiah yang menyatakan bahwa otak tengah dapat diaktifkan untuk meningkatkan kecerdasan manusia, apalagi meng-upgrade nya menjadi jenius.

Induksi lateralisasi aktifitas otak tengah menurut sebuah tulisan ilmiah tahun 2005 malahan dapat mengakibatkan mental stress (tekanan mental) dan berbagai stres lain yang akan memicu gangguan irama jantung dan kematian mendadak (sudden death).


Perdebatan mengenai otak tengah; perlu tidaknya otak tengah tersebut diaktifkan; terus terjadi. Masyarakat makin memahami pentingnya menyeimbangkan kedua belahan otak kanan dan kiri, karena masing-masing belahan tersebut memiliki beragam fungsi yang saling mengisi dalam perjalanan panjang kehidupan seorang manusia.

Ironisnya seolah belum puas dengan kekayaan kedua belahan otak kita,
sekelompok ilmuwan mulai mengotak-atik dan mencari bagian lain, yang
dinamakan otak tengah. Mereka mencari tahu apakah dengan mengaktivasi otak tengah kecerdasan seseorang akan makin bertambah, atau mengubah mereka menjadi jenius, serta memiliki berbagai kecerdasan lain yang supra-natural?

Di kalangan medis otak tengah ini dikenal sebagai bagian dari otak manusia yang memiliki fungsi sangat vital, misalnya sebagai pusat pengendali jantung, pembuluh darah, pernafasan, * refleks-refleks, dan masih banyak lagi. Berbagai tulisan ilmiah mengenai otak tengah ini bisa kita baca dalam berbagai tulisan sepuluh tahun terakhir. Dahulu orang berpikir bahwa kecerdasan identik dengan IQ, meskipun mereka mengetahui dalam test IQ yang diukur hanyalah kecerdasan seseorang di bidang matematika, linguistik dan sedikit visuo-spatial.

Saat ini wawasan kita mulai terbuka, melalui hasil penelitian Prof Gardner di tahun 1980an diketahui bahwa ada delapan jenis kecerdasan yang berbeda yang bisa dimiliki oleh masing-masing kita dalam porsi yang berbeda. Masing-masing kecerdasan tersebut menempati area yang berbeda di sisi kiri dan
kanan otak kita. Kecerdasan yang bervariasi ini disebut Kecerdasan Multipel (Multiple Intelligence).


Fungsi otak:



Sehubungan dengan otak tengah tadi, muncul pertanyaan, adakah hubungan antara kecerdasan ini dengan fungsi otak tengah / mid brain seseorang?
Benarkah aktivasi otak tengah membuat seseorang makin cerdas dan jenius,
karena memiliki kemampuan supra-natural?

Menjadi Jenius?
Nah dikaitkan dengan janji, cukup dengan mengaktifkan otak tengah (mesensefalon) mampu membuat seorang manusia menjadi jenius; Apakah definisi jenius? Range IQ normal adalah 90 - 110. Dengan IQ normal seorang anak bisa tamat SMA, sebagian bahkan tamat S1. Di atas angka tersebut seseorang disebut Superior, di atasnya lagi adalah Very Superior, dan jika IQ nya lebih dari 180 orang akan disebut jenius.


Mengaktivasi Otak
Ada cukup banyak cara yang biasa dipakai untuk mengaktivasi otak, misalnya
dengan alunan musik klasik (yang paling poluler karya-karya Mozart),lagu-lagu / instrumentalia tertentu, gerakan-gerakan tubuh, menciptakan suasana tertentu, bermain dengan angka-angka, menambahkan berbagai bahan chemical, dan masih banyak cara lainnya. Banyak institusi menawarkan berbagai pelatihan yang menjanjikan untuk meningkatkan IQ tersebut, dengan
memasukkan berbagai metode yang diyakini dapat menghilangkan tekanan mental para peserta selanjutnya mempermudah pengaktifan bagian-bagian tertentu otaknya.

Sebagai informasi, di Rusia diperlukan waktu satu tahun bagi seorang siswa
untuk mampu melakukan aksi blindfold. Di Jepang, sedikitnya perlu waktu tiga
bulan untuk melakukannya. Ajaibnya di Indonesia suatu perusahaan pelatihan
menyatakan hanya perlu waktu 12 jam untuk membuat anak-anak jenius!
Aktivasi dianggap berhasil apabila mereka berhasil mengenali berbagai macam
benda dan halangan di sekitarnya dalam keadaan mata ditutup. Dengan demikian anak-anak tersebut akan mampu membaca, menggambar, menghitung, berlari dan menghindari semua rintangan tanpa menggunakan indera penglihatan mereka yaitu mata.

Bahkan mereka berani menjanjikan, anak-anak akan memiliki kemampuan tembus pandang, menyusun kartu remi secara urut tanpa melihat, dapat membaca suatu dokumen rahasia di balik tembok, menghitung uang yang ada dalam dompet di saku baju seseorang, merangkum seluruh isi textbook dalam waktu singkat, memprediksi hal-hal buruk yang bakal terjadi esok, bahkan membaca pikiran orang-orang yang ada di sekelilingnya agar tak mudah tertipu.

Ada beberapa tahapan yang harus dilewati oleh suatu lembaga yang memiliki
ide penelitian sebelum dilemparkan dan dimanfaatkan untuk kepentingan
publik. Minimal telah melalui 10 tahun percobaan di laboratorium (in vivo),
setelah lulus uji klinis, barulah diujikan pada hewan-hewan percobaan dengan
evaluasi sekitar 10 tahun. Pada tahap ketiga barulah diujikan pada para
relawan (biasanya mereka dibayar) dan kembali dilakukan evaluasi. Dengan demikian dibutuhkan waktu sekitar 30 tahun untuk membawa suatu metode baru yang aman dalam masyarakat.


Mengapa dalam waktu 12 jam pelatihan atau satu setengah hari saja anak-anak tersebut bisa berubah? Salah satunya adalah kenyataan bahwa anak-anak dengan perilaku bermasalah sebenarnya membutuhkan perhatian dari orangtua mereka.
Dalam program pelatihan midbrain tersebut semua orangtua diharapkan
memperhatikan anaknya, mau melatih kembali anak-anak tersebut di rumah,
termasuk setelah latihan selesai.
Yang terjadi di sini sebenarnya adalah anak-anak tersebut dilatih untuk peka
terhadap berbagai bahaya dan rintangan yang ada di depan, serta 'dipaksa
untuk bersikap dan berperilaku lebih baik' karena mereka telah diberikan
teladan yang baik oleh orangtua dan orang-orang dewasa di sekelilingnya.


Yang terjadi pada anak-anak tersebut sebenarnya bukan JENIUS (memiliki IQ yang sangat tinggi atau di atas 140), melainkan latihan untuk suatu kewaspadaan (AWARENESS) terhadap apapun yang ada di sekeliling mereka.
Kondisi semacam ini perlu kita cermati lebih baik, mengingat kondisi awareness yang berlebihan akan membuat seseorang mengalami berbagai gangguan jiwa, dari gejala yang ringan berupa Gangguan Cemas Menyeluruh, sampai tipe berat berupa Gangguan Paranoid.
Itulah sebabnya orangtua diminta waspada dan berhati-hati sebelum mengirim
anak-anak mereka ke suatu institusi yang menawarkan sanggup mengubah
anak-anak menjadi jenius dalam waktu singkat.

Jadi bagi agan-agan yang berniat mengikuti pelatihan aktivasi otak tengah mesti berfikir ulang....JANGAN-JANGAN BUKAN KECERDASAN YANG DIDAPATKAN, TETAPI MALAH KONDISI STRESS YANG DIDAPATKAN


Video Kiriman agan regodian:


Inilah sebagian contoh jika aktivasi otak tengah diaktifkan seperti yang dijanjikan oleh lembaga pelatihannya...

Agan2 mungkin tertarik dengan kehebatannya...tapi perlu di ingat, ternyata mengandung bahaya juga yang beresiko terhadap masa depan anak kita...selain biaya mahal yang mencapai 3-5 juta untuk pelatihan selama 2 hari
Spoiler for kemampuan yang dijanjikan:


Bisa mewarnai dengan mata tertutup...(APAKAH INI YANG DISEBUT JENIUS???). Bahkan ada yang menjanjikan bisa naik sepeda dengan mata tertutup...APAKAH BETUL BISA JENIUS DENGAN HANYA BERLATIH 2 HARI???...


UPDATE

Silahkan dibaca sebagian dari pendapat kaskuser tentang aktivasi otak tengah

Spoiler for Pendapat Agan Kaskuser:
Quote:
Originally Posted by Illidan View Post
thanks atas share info bahayanya..
btw, penemuan tentang otak tengah sebetulnya bukan yang baru buat orang indonesia..
licensed-nya aja yang baru gan..
Quote:
Originally Posted by lovebread View Post
walaah gan.. ane dah bersyukur punya otak kiri & kanan..
yg penting kita bisa berpikir, itu aja udah cukup..
ini jg bisa dbuat referensi untk org2 yg menganggap jenius itu segala2nya..
padahal org gila itu jg jenius lho
nice share gan, ane bantu rate :
Quote:
Originally Posted by c2010 View Post
wah ane ikut nih beginian tp ga ada perubahan gan mungkin karna umur ane udah 15 padahal udah bayar mahal banget gan
Quote:
Originally Posted by Cognitive View Post
Setau ane itu bullshit gan, dari pelajaran Biologi kelas 2 SMA ane tau kalo:

1. Otak kiri: memproses logika, aritmetik dll

2. Otak kanan: memproses gambar, imajinasi

3. Otak tengah: memproses hal-hal yang ga perlu dipikirkan (detak jantung, eks/inspirasi paru-paru)
Quote:
Originally Posted by TeX-C View Post
Sudah ada kok brain sync yang bisa meningkatkan awareness dalam waktu 30 menit, dan bisa berefek permanen kalo dipakai rutin secara periodik. Harganya juga gak sampe 100ribu.

Kalau dipakaikan untuk anak2, efeknya memang lebih besar.

Itu kan cuma orang2 yang ingin memanfaatkan kesempatan jualan produk murah dengan harga mahal aja, mumpung belum semua orang tahu. Cerita lama gan.
Quote:
Originally Posted by Djayoez View Post
aktivasi otak tengah tu hoax gan

udah terbukti kok, cuma pemasarn bisnis ini yg sangat2 gila
Quote:
Originally Posted by czv.rz View Post
emang aktivasi otak tengah beneran ada ya?? setau ane dalam ilmu biologi otak tengah itu tidak dianggap (CMIIW)
Quote:
Originally Posted by TheJuggernaught View Post
Daripada merusak nama baik bibi ane yang posisi nya notabene 'manajer' di GMC se-Jabodetabek (Jakarta-Bekasi doank kali ya?), maka ane akan jelaskan.

Kalo mau mendapatkan 'kejeniusan' dan kemampuan lain seperti melihat dalam gelap, maka umur ente harus 5-10 tahun. Kalo ente umur 10 tahun ke atas, maka yang anda harapkan hanya bisa meningkatkan prestasi dikelas. Tujuan utama 'Aktivasi Otak Tengah' adalah meningkatkan prestasi dikelas. Umur yang hanya bisa ikut program ini hanya berumur 5-15 tahun. Di bawah itu anda masih belum belajar mandiri, dan diatas itu anda sudah banyak hal yang dipikirkan.

Ane ikut program ini tahun 4/5 bulan yang lalu saat ane masih 15 tahun. Memang benar ane hampir stress karena tak benar2 bisa melihat dalam kegelapan, namun minimal ane bisa meningkatkan prestasi disekolah (Dapet rank 3 dikelas gan )

Jadi, Aktivasi Otak Tengah ini TIDAK berbahaya selama anda ada di umur 5-10 tahun. Diatas 10 tahun ada sedikit efek seperti stress jadi jangan berharap anda benar2 bisa mendapat kemampuan anak2 umur 5-10 tahun yang diaktivasikan otak tengahnya, namun minimal bisa meningkat prestasi akademik. Diatas 15 tahun baru bisa dibilang 'bahaya'

Wakanimasta?
Quote:
Originally Posted by geronaki View Post
thanks banget untuk penjelasan lengkapnya gan... thanks udah bikin thread ini...
pertama kali ane tau kalo otak tengah itu bisa diaktifkan, pas ane ke sebuah supermarket di kota ane.
jadi ada stand yang menampilkan melalui tv, tentunya pake dvd yah.
nah... ane ke supermarket itu akan ama cewe ane..jadi ane tanya ajah..
Ane : "itu apa sih?"
Cewe Ane : "Itu promo pengaktifan otak tengah"
bla..bla...bla..

jadi setelah ane tanya ama cewe ane.. otak tengah itu emang bisa bikin seseorang jadi jenius... jadi di tv yang dipanjang itu..ada anak yang bisa bikin sesuatu dengan mata terttup..bisa baca dengan mata trtutup..

intinya kayak punya indra keenam...atau bisa juga dibilang punya kekuatan supranatural...

wah... ternyata.. kata cewe ane... klo udah dewasa, buat ngaktifin otak tengah itu susah banget..jadi untuk anak2 lebih mudah ngaktifin otak tengah..

misal balita..apa lagi yang umur 3 tahun..yang katanya usia emas

semakin kesini stand itu semakin rame... tapi setelah beberapa bulan... ane liat lgi itu stand..sekrang udah gak ada.. digantiin ama terapi ikan

yah..gitu ajah share dari ane buat semua...
TS wajib dapet cendol dan thread ini pantes jadi HT..

ane rate 5 buat thread ini..
ane kasih cendol abu2 buat TS..
hehehe.. maaf blm ISO
Quote:
Originally Posted by ritzander View Post
lembaga2 katro itu emang cuma pengen cari duit tanpa meneliti lebih jauh efeknya gan.....
Quote:
Originally Posted by Flow-er-n View Post
oh ini toh yg bukunya dijadiin promosi yg lumayan besar di gr*m*d..

nggak usahlah terlalu mengutamakan jenius. toh jenius ma gila beda tipis
Quote:
Originally Posted by han2754 View Post
apa betul org bisa melihat tanpa indra penglihatan?
aq sih skeptis banget.
bullshit catshit lah
cuma mo cari duit doang ,tak ada bukti

www.bikinprogram.com
Quote:
Originally Posted by Teabombay View Post
Dyh, kasian euy yang dah ngabisin berjuta-juta buat ikut ginian, ck ck ck..
Quote:
Originally Posted by ivalice View Post
ane bingung gan otak tengah itu yang mane yak.. klu secara bentuk kan cuman kiri dan kanan... plus bagian bawah tempat hipopotalamus... apa di perpotongan antara kiri dan kanan itu yang disebut otak tengah... ????

ada sih beberapa temen ane yang sekarang gabung di AJI (anak jenius INdonesia) yang ngajarin aktifasi otak tengah itu... tapi ane ga interest...

kalu yang ditingkatin tuh awareness / kewaspadaan seseorang...
bisa2 gede nanti malah jadi parno gan...
Quote:
Originally Posted by caniago View Post
Informasi yang berharga sekali... sekarang banyak juga yang "gaya2an". Boleh aja sih, asal jangan berlebihan dan melupakan kelebihan "alami" anak....
Quote:
Originally Posted by skynet0892 View Post
Jangan melihat dari segi positifnya saja.
Pasti semua ada effect sampingnya.
Jadi berhati-hatilah ya agan2 sekalian.
Quote:
Originally Posted by `c` View Post
just share gan... boleh ditaro di depan
kmrn2 keponakan ak ikut pelatihan otak tengah jg...
bayar 3.5 juta... (ckckckck)
terus pas dia maen ke rumah,
dia mewarnai gambar pk crayon dgn mata tertutup
hasilnya bagus.... sempet kagum juga...
yg ak perhatiin, koq nih anak mewarnai gambar tp kepalanya tegak,
bahkan cenderung mendongak...
waktu di tes tebak warna benda di depan dia
SALAH TERUS!!
ternyata tutup matanya itu kalo untuk liat k bwh keliatan
pantesan aja kl dia mewarnai, kepalanya mendongak
tp (mungkin) matanya lirik2 ke bawah
Quote:
Originally Posted by sapi kembung View Post
kalopun bener tuh otak tengah bisa diaktifin..pernah kepikiran kaga berapa banyak nanti penjahat didunia ini? berapa banyak anak yang mempunyai kelebihan itu dan memanfaatkannya untuk hal2 curang...paling gampang contohnya..ya pas ujian dia taro aja buku tertutup didalam tas toh kaga ngaruh dia masih bisa baca...kebayang kaga betapa kita buat anak2 jadi pemalas??
jangan bicara kita bisa ngedidik anak2 "spesial buatan" ini dengan agama, orang kita aja yang cuma pake otak kiri atau kanan (*dibaca masih banyak banget kekurangannya) suka melenceng jalannya apalagi orang yang punya "kelebihan" kaya gitu?
Quote:
Originally Posted by ridho133 View Post
menurut ane gan,,pelatihan otak tengah tu tujuannya cuma buat jadi dukun aja,,sok ditutup juga tu mata,,ane malah besukur bgt punya mata,,bagian otaktengah ane dah berjalan semestinya,,meskipun kordinasi otak dan tubuh gak seirama,,tapi ane tetep bersukur,./
Quote:
Originally Posted by regodian View Post
otak tengah itu isinya cuman "jembatan" penghubung otak kiri dan kanan dengan saraf tulang belakang
Quote:
Originally Posted by WiseCakra View Post
Betul kata si TS Ane di paksa ama keluarga besar buat ngaktifin otak tengah. Sebetulnya ane nolak sih, soalnya mana ada otak tengah, yang ada otak kiri ama kanan
Pas pelatihan, ada kejanggalan. Bukan 1 gan, tapi banyak. Jadi, kita disuruh dengerin suara-suara ga jelas. Ane mau dengerinnya. sumpah gan, GA JELAS BANGET SUARANYA! Bagian organ mana yang bisa nerima gelombang pengaktifan otak tengah ini?! Terus, ane suruh ngeliat cahaya dari KARTU (WHAT!? KARTU!? PLAYING CARD BIASA GAN!!!) DENGAN MATA TERTUTUP! Katanya si MC ye, ntar kalo ada cahaya berarti udah aktif. Organ mana yg bisa nembusin sebuah benda mati untuk melihat benda di depannya? Abis itu kita disuruh nebak2 kartu gitu. http://www.blogger.com/img/blank.gifwarnanya lah, nomornya lah, macem-macem deh Yg terakhir, ane nanya ama sepupu ane, (Semua cucu kakek ane disuruh ikut ) katanya dia ngintip dari penutup mata! DAN SEMUA SEPUPU ANE MELAKUKAN HAL YANG SAMA! INI PENIPUAN YANG BERHARGA MAHAL!


DOWNLOAD ARTIKEL INI


sumber: http://www.kaskus.us/showthread.php?t=4726515

1 komentar:

Jangan cuma jadi pembaca, utarakan pendapatmu!

Copyright © 2014 Bukan Isapan Jempol | Designed With By Blogger Templates
Scroll To Top