Senin, 18 Juli 2011

Ternyata Selama Ini KIta Dibohongi dengan Peta Dunia 2D!!

Pendapat ini disampaikan oleh Lloyd Pye, adalah seorang penulis dan peneliti yang dikenal secara luas karena karyanya "Skull Starchild" dan karena Best Sellernya "Everything You Know is Wrong". Pye mulai menulis fiksi dengan sebuah novel yang sangat menggebrak tentang sepak bola perguruan tinggi berdasarkan pada karir kuliahnya, diikuti oleh sebuah hi-tech Cold War spy thriller, kemudian ia menjadi penulis skenario di Hollywood sebelum akhirnya ia menemukan kecintaannya yang sesungguhnya dalam menulis nonfiksi alternatif.

Seperti yang agan semua ketahui bahwa peta dunia yang kita tahu adalah seperti ini


atau seperti ini

tahukah agan siapa pembuatnya??

Ia bernama Gerhardus Mercartor (5 Maret 1512 - 2 Desember 1594) adalah seorang pembuat peta, lahir di Rupelmonde di County Hapsburg dari Flanders, bagian dari Kekaisaran Romawi.



Peta itu dipesan oleh orang-orang eropa pada abad ke-16 (1569) yang pada saat itu eropa dikenal sebagai pusat dunia (The Center of Universe). Tentu saja Mercator melayani permintaan majikannya.

Dan sekarang, walaupun lebih dari 4 abad berlalu, hal tersebut tetap diyakini sebagai kebenaran oleh sebagian orang. Tapi apakah benar bahwa peta tersebut dibuat dengan benar? Atau ada tujuan dibalik pembuatan peta tersebut?

Untuk membuat peta 2D dari globe 3D pasti terdapat sebuah distorsi.




Dalam kasus Mercator ini, dia mengabaikan hal tersebut demi keuntungan majikannya (orang2 eropa). Dia menciptakan peta yang bertujuan eropa menjadi pusat pandangan (berada ditengah peta) dan sengaja diperbesar beberapa kali ukuran sebenarnya. Eropa di letakkan ditengah peta yang tentu saja tidak ada yang keberatan pada masa itu.

Dan generasi sesudahnya tetap menggunakannya, dan masih tidak ada yang tahu apa yang bisa menyebabkan eropa yang kecil dan terkucil diujung utara dekat kutub menjadi eropa yang besar dan mengesankan yang terlihat seolah2 terletak di tengah bumi (The Center of The World).

Belahan bumi sebelah utara yang dihuni oleh ras kulit putih yang hanya berukuran 18,9 juta mil persegi terlihat di peta ini jauh lebih besar dari pada belahan bumi sebelah selatan yang dihuni ras kulit hitam/coklat yang berukuran 38,6 mil persegi.

Eropa yang berukuran hanya 3,8 juta mil persegi terlihat jauh lebih besar dibanding Amerika Selatan yang berukuran 6,9 juta mil persegi

Pada kenyataan sebenarnya China 3,7 juta mil persegi adalah 4X lebih besar dibanding Greenland yang hanya 0,8 juta mil persegi. Tapi di peta Mercator, China tampak lebih kecil.

Scandinavia yang hanya 0,4 juta mil persegi disini nampak mengerdilkan India 1,3 juta mil persegi yang sebenarnya 3X lebih besar.

Alaska yang kecil, hanya 0,6 juta mil persegi digambar jauh lebih besar dibanding Mexico yang 0,7 juta mil persegi.

Terakhir, distorsi yang mungkin paling mengerikan ditemukan saat kita membandingkan Uni Soviet "Si Gemuk" yang berukuran 8.6 juta mil persegi dengan Afrika "Si Kurus" yang berukuran 11,6 juta mil persegi.

Kita tumbuh dan belajar selama ini dengan meyakini kebenaran dan keakuratan peta ini. Ini adalah peta yang sama, yang masih digunakan saat ini dalam program aplikasi seperti Google Map. Yang merupakan sesuatu yang diandalkan oleh jutaan orang setiap hari. Kita semua benar-benar diyakinkan, bahwa hal tersebut menunjukkan dengan akurat seperti apa dunia kita terlihat saat ini.

Jadi sekarang adalah saat yang tepat untuk berhenti berpendapat bahwa "Ilmu Pengetahuan Yang Kita Tahu Akan Selalu dan Selamanya Benar".

Berhubung banyak yang nanya, bagaimana seharusnya gambar peta dunia dlm 2D. Jawabnya memang belum ada yang bisa menggambarkan peta dunia 2D yang sesuai dengan globe 3D.

peta dunia dibawah ini bisa menjadi rujukan sementara.

Peta dunia diatas berjudul "The Atlas of The Real World" yang dibuat menggunakan software untuk menggambarkan peta negara-negara di dunia, bukan oleh ukuran fisik mereka, tetapi oleh kepentingan demografis mereka pada berbagai mata pelajaran.

Ukuran masing-masing wilayah merupakan perbandingan luas dalam proporsi yang tepat antara negara yang satu dengan yang lain, memberikan perspektif yang sangat berbeda dibanding proyeksi Mercator yang paling sering digunakan.






UPDATE#1


tambahan dari agan tubi
Quote:
Originally Posted by tubi View Post
Kenapa harus terlalu jauh mikir ke arah pesanan penguasa gan..?

Mercator membuat peta ini kan untuk tujuan pelayaran. Sejak dahulu navigasi pelayaran menggunakan kompas. Diperlukan cara untuk mengetahui arah kompas sedemikian rupa sehingga bila kita berlayar dengan mempertahankan arah kompas, kita bisa sampai ke tempat tujuan. Pada zaman itu, Mercator membuat terobosan besar dengan memproyeksikan bola dunia pada bidang datar. Peta sengaja dibuat sedemikian rupa, sehingga bila kita ingin mengetahui arah kompas, cukup dengan menarik garis lurus dari tempat asal ke tempat tujuan.

Sebelumnya, manusia mengenal kompas alam bernama bintang kutub atau polaris telah digunakan manusia selama ribuan tahun sebagai petunjuk arah. Polaris selamanya berada di atas kutub utara. Tapi kan pelayaran tak selamanya menuju ke utara. Pelayaran ke arah lain tidak semujur ke arah kutub karena bumi berputar sehingga bintang di atas pelabuhan lain terlihat tidak diam. Polaris tidak bergerak karena ia terletak di atas poros bumi.

Belakangan manusia menggunakan kompas yang lebih praktis, walaupun kompas tidak tepat benar mengarah ke utara searah Polaris. Berlayar menuju utara, selatan, barat dan timur, lintasan kita akan bisa lurus mengikuti apa yang disebut lingkarang besar untuk sampai ke tujuan. Tapi bila membentuk sudut selain tegak lurus, lintasannya berbentuk spiral. Lintasan pelayaran dengan arah kompas tetap ini disebut Rhumb-line.

Seperti Charles Linbergh yang melakukan penerbangan solo melintasi samudra Atlantik dari New York ke Paris pada tahun 1927. Terbang sendirian non stop selama lebih dari 33 jam untuk tiba di Paris. Charles Linbergh menggunakan lintasan lingkaran besar. Navigasi dengan lingkaran besar pada waktu itu sulit karena belum ada GPS. Sehingga selama penerbangan harus selalu menggubah jurusan kompas. Menggunakan lintasan kompas tetap ala Mercator pastinya lebih mudah. Cukup terbang dengan mempertahankan arah kompas, tetapi jaraknya akan lebih jauh.

Soal peta dunia jadi tidak akurat, itu memang sebuah kelemahan dari peta Mercator yang sejak awal sudah diakui. Peta Mercator memang didesain untuk pelayaran agar tidak harus selalu merubah arah kompas. Untuk kasus, misalnya menentukan arah kiblat, peta ini tentu bermasalah bila kita langsung menarik garis lurus ke Mekah. Harus mengikuti kurva seperti tampak pada gambar di bawah.

Spoiler for kurva kiblat:

Jadi harus lihat fungsinya, kayaknya gan...
Agar kita tidak jadi berburuk sangka ke orang lain

Belom bisa kasih cendol
Bantu rante aja gan
Semoga berkenan...
disini ane membahas tentang propaganda yang ditumpangi pada proses pembuatan peta itu gan. klo ente liat peta "Kurva Kiblat" yang ente tunjukin itupun juga udah ga make peta mercator, secara proporsi perbandingan luas wilayahnya lebih sesuai dengan "The Atlas of The Real World".
btw, nice share gan...

UPDATE#2
tambahan dari agan palkalpa
Quote:
Originally Posted by palkalpa View Post
hahaha
gan sekarang dunia dah semakin maju, orang indonei ajuga bisa buat peta... nah yang agan share tadi tuh tentang proyeksi peta.. proyeksi itu ada yang mempertahankan bentuknya, posisi sama apalagi gitu ane lupa... terus jug ada jenis proyeksinya gan, kalo agan mau peta buatan agan bagus, teliti di daerah khatulistiwa bisa pake jenis proyeksi tabung, kalo agan mau proyeksiin kutub bisa pake proyeksi kerucut... gitu2 deh gan ...kalo mau tau lebih jelas masuk teknik geodesi aja gan... dijamin ngerti titi gan
ane ngerti gan mksd ente, klo memang peta mercator itu dibuat dengan proyeksi seharusnya tetap memberikan keterangan proyeksi jenis apa yang digunakan dan seharusnya juga tetap memperhatikan proporsi perbandingan luas wilayah masing2 negara.
thanks gan atas masukannya

UPDATE#3
protes dari agan ubandz
Quote:
Originally Posted by ubandz View Post
wakakakkaka, lucu lo gan, orang2 ga ada yg protes, knapa lo protes? author lo jg ngapain protes klo d pikir2? mo pake peta harta karun kek, yg penting berfungsi, ga kerja double, gw dlu navigator d kapal, emang banyak kok jenis peta, tp yg paling enak d pake tuh peta yg skarang kita kenal, itung2an jg lebih gampang, wakkaak, goblok lo TS
wah.. setau ane sih, orang bebas menyampaikan pendapat dan bebas memilih gan, termasuk memihak mana yang menurut mereka benar atau memilih untuk tetap dibodohin...
but, thanks atas caciannya

UPDATE#4
tambahan dari agan Guakelelawar
Quote:
Originally Posted by Guakelelawar View Post
Ah lu juga bego bandz.
Waktu lu di laut emang bisa kepake. tapi waktu di darat mau bikin jalan antar kota misalnya.. bisa salah perhitungan lah coy gimana sih lu.

Bener men, gue sih setuju di dalam peta itu ada unsur politis nya. Kenapa pula Indonesia berada di timur terjauh? Mengapa Utara di atas dan selatan di bawah? Ini semua politis.. Kalau menurut DR.Santos yang membuat buku "Atlantis" yang bilang kalo Atlantis itu di Indonesia, peta dunia itu semestinya seperti ini:



Indonesia yang diyakini sebagai Atlantis berada di tengah, dikelilingi oleh samudera dan benua oleh karena itu Indonesia sebenarnya adalah pusat dunia.

Mengenai mengapa utara ada di atas dan selatan di bawah? Ini juga disinyalir usaha bangsa eropa supaya posisi mereka terkesan berada di atas dari ras kulit coklat dan hitam yang terlihat jadi berada di bawah. Biasa lah itu... karena peta dibuat oleh bangsa mereka ya apa boleh buat kita tinggal mengikuti jadinya...


*by the way agan TS kirain ente mau bahas peta dunia jaman es, dimana daratan masih lebih luas daripada sekarang. peta dunia sesungguhnya.
wah,makasih gan atas sumbangannya, sangat informatif sekali...
mudah2an bermanfaat bagi kaskuser semua...

UPDATE#5
sanggahan dari agan yogdogz
Quote:
Originally Posted by yogdogz View Post
TS sotoy eropa emang ukurannya besar segitu kok, keliatan kecil karena bumi itu bulat dan eropa ada di lekukan bagian utara. kalo pake teori TS sih negara²/benua yang dilewatin khatulistiwa pasti jadi jauuuh lebih besar daripada negara² empat musim / sub-tropis. kalo mau bukti, liatnya jangan google maps liatnya ya google earth, soalnya ngga mungkin juga bentuk bumi yang 3D diproyeksiin sempurna jadi bentuk 2D yang kaya TS bilang

karena ada teori center of the earth? itu karena penemuan amerika ditemuin dari pantai timurnya, jadinya rutenya ditemuin dari eropa menuju ke barat lagi baru ketemu amerika. kenapa eropa dibilang barat? kenapa asia dibilang timur? coba agan liat peta dunia dulu sebelum adanya benua amerika. kalo aja benua amerika ditemuin sama orang asia bisa aja peta dunia sekarang amerikanya digambar di kanan, dan asia jadi tengah dunia kan? mana ada di bumi yang bulat ini ada center of the earth?
kyknya agan yang atu ini ga memahami penjelasan TS
ane ga cuma bandingin gambar gan, tapi perbandingan luas
TS tdk pernah menyalahkan google earth, tapi google map yg tdk sesuai dengan proporsi luas yang sebenarnya
TS mengatakan "memang belum ada yang bisa menggambarkan peta dunia 2D yang sesuai dengan globe 3D", jadi tdk pernah berkata "bentuk bumi yang 3D bisa diproyeksiin sempurna jadi bentuk 2D" seperti kata ente
"center of the earth" itu kan istilah propaganda pada masa itu, bukannya TS yang bikin istilah itu.. (wah, agan yang satu ini bener2 deh)

UPDATE#6
tambahan dari agan bztnt96
Quote:
Originally Posted by bztnt96 View Post
ni ane cuman nambah2 aja gan tentang indonesia adalah atlantis yang ilang
Quote:
Dalam bukunya Plato menyebutkan bahwa Atlantis adalah negara makmur yang bermandi matahari sepanjang waktu. Padahal zaman pada waktu itu adalah Zaman Es, dimana temperatur bumi secara menyeluruh adalah kira-kira 15 derajat Celcius lebih dingin dari sekarang.
Lokasi yang bermandi sinar matahari pada waktu itu hanyalah Indonesia yang memang terletak di katulistiwa.
Plato juga menyebutkan bahwa luas benua Atlantis yang hilang itu “….lebih besar dari Lybia (Afrika Utara) dan Asia Kecil digabung jadi satu…”. Luas ini persis sama dengan luas kawasan Indonesia ditambah dengan luas Laut China Selatan.
makasih gan, info dari agan yang atu ini memperkuat info dari agan Guakelelawar di atas


ketelitian dari agan haryobimo96
Quote:
Originally Posted by haryobimo96 View Post
iya gan, kayaknya ada yg beda gitu liat peta
soalnya, sebelah utara khatulistiwa gede bgt, selatannya kecil
ternyata agan sangat teliti padahal khatulistiwa kan seharusnya membelah bumi jadi 2 bagian, sehingga harusnya bagian utara khatulistiwa sama dengan luas bagian selatan khatulistiwa. peta mercator terlihat sangat janggal dalam hal itu. sedangkan pada "The Atlas of The Real World" terlihat garis khatulistiwa membagi dengan seimbang peta dunia.
tapi perlu diingat bahwa sebenarnya yang terjadi adalah sebaliknya (bagian selatan lebih luas). [penjelasan di update#13]

UPDATE#8
sedikit pesan dari sista Iradatul
Quote:
Originally Posted by Iradatul View Post
beginilah gan.. klw kita hanya makan ilmu yang dijejelin ama orang.. walaupun pengetahuan dibelok belokan ga ada yang mau meluruskan..
sebaiknya kita mengcrosscheck lagi apa yang sudah kita pelajari..
agar tidak dibodohi terus menerus...
mungkin banyak orang yang tidak mau mencari tau kembali, tapi itu adalah pilihan agan aganwati semua..
peta di atas mungkin hanya sebagian kecil penyimpangan ilmu pengetahuan yang di belokkan, masi banyak ilmu lain yang di belokkan seperti sejarah, agama dll.
karna seorang pemimpinlah yang mengatur sejarah... dan saat ini yang memimpin adalah negara barat...
Semoga dengan thread ini membuka mata agan aganwati semua untuk terus belajar. thx
makasih sis atas pesan2nya, mudah2an bermanfaat bagi kaskuser semua

UPDATE#9
sedikit joke dari agan BaNYu[SI]BuPoNK
Quote:
Originally Posted by BaNYuSIBuPoNK View Post
Nice tret nih gan

tapi kalo orang US mikirnya sih gini



Ini untuk memudahkan orang US kalo mau world tour, jangan buruk sangka
lumayan juga gan peta ente

UPDATE#10
tambahan dari agan Ron23 (walaupun agak ga nyambung dengan materi)
Quote:
Originally Posted by Ron23 View Post
ohh . . . . . pantesan gan . pesawat kalo mau terbang pasti garis nya bengkok gan . ga di tarik lurus
betul banget gan, itu mendukung teori bumi itu bulat. dulu ane juga pas lagi kerja di kapal pesiar, waktu ane balik ke US abis liburan, pswt ane dr HK ke LA, nah pas di layar monitor depan ane ada tuh jalur lintasan pesawat, berbentuk melengkung, dulu ane mikir kenapa pake melengkung? apa ga tambah jauh... ternyata klo di liat di globe jalur itu sbnarnya lurus, tapi berhubung di implementasikan dipeta 2D / datar jadi berbentuk melengkung..

UPDATE#11
tambahan dari agan t.13
Quote:
Originally Posted by t.13 View Post
hm...gw si krg ngeri soal geografi... cuma skrg jaman uda canggih... uda ad satelit yg bisa mencitrakan bumi secara detail..knp itu tidak dipake aja?
betul sekali gan, emang pencitraan bumi secara detail lewat satelit udah banyak di pake gan (dalam bntuk 3D tentunya). justru skrg pertanyaannya knp peta 2D mercator masih juga dipake sampe skrg? dibanyak buku2 pelajaran, bahkan situs sekelas google maps juga masih menggunakannya.

UPDATE#12
tambahan dari TS gan [agak BB]
Spoiler for loh koq bs peta agak BB?? :
Quote:


kalo yang ini ane ga tau gan pake proyeksi jenis apa?

UPDATE#13
temuan dari agan Zgubilem
Quote:
Originally Posted by Zgubilem View Post
petanya Mercartor emg aneh sih gan ,, tp agan juga msti inget klu di peta mercartor yg dipake google maps itu pun khatulistiwa nya udah kebagi sama besar . agan lupa klu ada antartika yg ga agan tampilin ... jadi bener aja klu kesannya ga seimbang .. CMIIW
oke deh, lebih jelasnya ane tampilin lagi SS google maps disini.
Spoiler for google maps:
Quote:

perhatikan baik2, sebenernya yang terkesan lebih luas adalah bagian selatan. CMIIW
dan yang lebih gila (sangat gila bahkan ) adalah luas antartika yang mewakili separuh dari daratan bumi???

UPDATE#14
pertanyaan lucu dari agan HardMoney
Quote:
Originally Posted by HardMoney View Post
kalo petanya si dora the explorer gimana gan?
oke deh, sesuai permintaan agan berikut ini adalah beberapa versi peta dora the explorer
Spoiler for peta dora:
Quote:
Quote:





gmn gan? udah puas atas jawaban ane?

UPDATE#15
pembelaan dari agan 2502760
Quote:
Originally Posted by 2502760 View Post
trit ini bener

gw udah liat di google maps memang beda dengan google earth

di google earth greenland lebih kecil dari cina, tapi di google map greenland lebih besar dari cina

klo ada yg sotoy bilang ini karena proyeksi, pertanyaan gw adalah kenapa titik proyeksi ga dari ekuator sehingga bagian selatan dan utara jadi sama2 lebar

ini malah yg utara doank yg membesar tapi selatan kagak
selamat gan, Anda telah berhasil membuktikannya sendiri, ga sekedar komeng, nice trit, nice inpoh, calon HT, dkk...

UPDATE#16
bantahan ragu2 dari agan thx666
Quote:
Originally Posted by thx666 View Post
kenapa eropa ada di tegah tu gan, karana titik 0 garis Bujur berada di eropa,, yang jadi patokan waktu di seluuh dunia (GMT)..
setau ane giytu sih gan..
nah lho, justru pernyataan itu bs ane balik gan. malah jadi memperkuat konspirasi mereka, dengan membuat titik 0 garis Bujur berada di eropa. gmn? kepikiran gt ga'?

UPDATE#17
salah sambung dari agan randomizord
Quote:
Originally Posted by randomizord View Post
wah, kayaknya bener atlantis berada di indonesia..kan nyi roro kidul penguasa laut selatan dari indonesia gan
koq jadi nyambung ke nyi roro kidul gan
(mungkin menurut agan ini nyi roro kidul tinggal di atlantis )

UPDATE#18
salah sambung dari agan Mirate
Quote:
Originally Posted by Mirate View Post
coba agan cek google earth, di situ normal semua kok, di situ eropa kecil kok
yang ane omongin peta 2D gan, termasuk "google map". bukan "google earth" itu kan 3D.



sumber:
Sumber 1

Sumber 2

Sumber 3

http://www.kaskus.us/showthread.php?t=9120914

3 komentar:

  1. kalo fakta2 ini mm diungkap secara teoritis gw setuju2 aj gan soalnya kenapa peta lama masih di pake ampe sekarang padhal sekarang zaman udah canggih, setidaknya ada revisi2 dikit.. emang orang kulon wataknya aneh2, suka menghalalkan segala cara..

    BalasHapus
  2. selalu ada hikmah di setiap kejadian,, salam,,

    BalasHapus

Jangan cuma jadi pembaca, utarakan pendapatmu!

Copyright © 2014 Bukan Isapan Jempol | Designed With By Blogger Templates
Scroll To Top