Senin, 20 Juni 2011

Membuat Origami Burung (Origami Crane)


Minggu ini kayaknya ada virus baru yang menyebar di kelasku. Apakah itu? Origami! :D


Ya, origami. Origami itu seni melipat kertas dari Jepang yang bisa membuat kertas biasa yang tak berharga menjadi karya seni yang cantik. Umumnya yang dipakai untuk origami adalah kertas lipat berbentuk persegi atau persegi panjang. Di Indonesia, kertas lipat khusus origami dijual di toko-toko dalam kemasan yang berisi 50 sampai 200 lembar kertas.

Tapi tahukah anda, hanya karena kekurangan bahan untuk membuat origami, aku dan teman-teman dekatku yang kini mulai keranjingan origami, rela menyobek halaman tengah/belakang buku tulis demi membuat origami. Malahan bisa aja menelisik ke tong sampah untuk mencari kertas bekas yang bisa dimodifikasi menjadi mainan baru. :oops:

Biasanya Sovira cs bikin origami bentuk bunga, burung, kubus, kotak, dll. Tapi yang paling sering bikin burung, soalnya selain bikinnya rumit (hah?), kalo sudah jadi, bisa dipamer-pamerin ke anak-anak laki yang suka ngiri sama kita-kita yang pinter bikin mahakarya macam begitu. :grin:

Karena itu, kali ini aku mau share bagaimana cara bikin origami burung. Dijamin gampang bikinnya deh. :)

1. Siapkan kertas ukuran 15cm x 15cm atau kertas khusus origami yang warna-warni itu.


2. Lipat kertas membentuk segitiga. Lalu lipat lagi menjadi segitiga yang lebih kecil. Dan sekali lagi lipat lagi jadi segitiga yang lebih kecil lagi. (kebanyakan kata ‘lagi’ nih..)






Setelah itu, buka lipatan segitiga. Maka kertas akan berpola seperti ini:



3. Lipat kertas seperti ini:



Buka lagi dan buat lipatan yang sama pada tiga sudut lainnya. Jadinya akan seperti ini:



4. Satukan sudut-sudut kertas dengan sedemikian rupa seperti ini:





5. Tarik ujung atas ke bawah dan tekan. Sama baliknya juga.



6. Tarik ujung kanan kiri ke tengah. Pastikan bagian yang membelah ada di atas. Lakukan hal yang sama di sisi belakang. Jadinya akan seperti ini:



7. Buka sisi-sisinya sehingga sisi yang terlipat jadi ada di depan. Putar 180°.



Abis diputer:

8. Tarik ujung bawah ke atas. Kasih jarak sekitar 5 mm antara ujung yang dilipat sama ujung atas.



Lakukan hal yang sama di sisi satunya.



9. Buka sisi yang terlipat seperti langkah ke-7.



10. Tarik sisi depan & belakang bersamaan secara perlahan. Sisi tersebut adalah sayap burung. Seiring dengan mengembangnya sayap, bagian tengah alias badan burung akan ikut menggembung. Hati-hati saat menarik, soalnya kalau kecepetan, badan burung bisa sobek & bentuknya jadi nggak bagus.



11. Terakhir, buat paruh burung dengan cara menekuk salah satu sisi yang lancip. Nanti sisi satunya akan menjadi ekor burung.



Jadilah burung kertas kita! :D

Origami Crane

Oh iya, aku juga bikin burung dari kertas berwarna. Ini dia:



Taraaaa! :D

Hehehehe.. :grin:

Gimana? Gampang kan bikinnya? Gampang dong. Kan aku gitu yang ngajarin.. (sfx:hoek) Aku juga pernah baca dimana gitu, ternyata, origami burung ini ada mitosnya juga. Kalo nggak salah gini:

Barang siapa membuat 1000 burung kertas, maka satu permintaannya akan terkabul.

Percaya nggak percaya ya terserah anda. Kalo aku sendiri sih nggak terlalu peduli sama mitos begituan. Yang penting have fun aja bikin origaminya. :D

sumber: http://myakise.blogspot.com/2010/05/membuat-origami-burung-origami-crane.html

2 komentar:

  1. http://falah-kharisma.blogspot.com/2013/02/origami-picu-kreativitas.html?showComment=1361091042866#c1897944601511872400

    BalasHapus
  2. wah bagus bangt
    all numpang share ea
    http://falah-kharisma.blogspot.com/2013/02/origami-picu-kreativitas.html?showComment=1361091042866#c1897944601511872400

    BalasHapus

Jangan cuma jadi pembaca, utarakan pendapatmu!

Copyright © 2014 Bukan Isapan Jempol | Designed With By Blogger Templates
Scroll To Top