Kamis, 17 Maret 2011

PERTANYAAN LOGIKA (bag.2)

Pertanyaan 1

Ada seorang pria yang tinggal di lantai paling atas di sebuah apartemen yang sangat tinggi. Setiap hari ia menggunakan lift menuju ke lantai dasar, meninggalkan apartemen itu lalu pergi bekerja. Sekembalinya dari kerja, ia hanya bisa naik ke separuh perjalanan saja, sisanya ia harus berjalan kaki menggunakan tangga, kecuali hari sedang hujan. Mengapa? (Ini mungkin adalah teka-teki klasik yang paling terkenal dari sekian banyak teka-teki berpikir lateral yang ada. Meski terdapat banyak kemungkinan jawaban yang sesuai dengan kondisi-kondisi di atas, namun hanya ada sebuah jawaban "resmi" yang benar-benar memuaskan.

Pertanyaan 2

Seorang pria menggunakan pakaian berwarna serba hitam, celana hitam, sepatu hitam, kaos kaki hitam, sarung tangan hitam, dan kacamata hitam. Ia berjalan di sebuah lorong hitam. Seluruh lampu di lorong itu padam total. Kemudian, sebuah kendaraan berwarna hitam dengan lampu yang juga padam meluncur memasuki lorong. Namun tepat di depan orang itu kendaraan berhenti. Bagaimana mungkin pengendara kendaraan bisa melihat lelaki itu?

Pertanyaan 3

Mengapa lubang penutup riol jalan tidak berbentuk persegi, melainkan bulat ? (Sebenarnya ini lebih merupakan pertanyaan logika ketimbang lateral, namun pertanyaan ini adalah teka-teki menarik yang bisa dipecahkan menggunakan tehnik berpikir lateral. Sebuah perusahaan perangkat lunak terkenal diketahui menggunakannya sebagai pertanyaan dalam wawancara dengan calon karyawan mereka.)

Pertanyaan 4

Seorang pria pergi ke sebuah pesta dan minum beberapa gelas punch (semacam minuman campuran dengan es batu). Tak lama kemudian ia pergi meninggalkan pesta. Semua orang lain dalam pesta itu yang juga minum punch meninggal karena keracunan. Mengapa pria tadi tidak ikut meninggal?

Pertanyaan 5

Seorang pria masuk ke sebuah bar dan meminta segelas air putih pada bartender. Segera saja bartender itu mengeluarkan senapan dan menondongkannya pada pria itu. Pria itu malah mengucapkan "terima kasih" lalu meninggalkan bar. (Teka-teki ini dianggap sebagai teka-teki terbaik dalam kategorinya. Jawabannya benar-benar sederhana, mengejutkan dan memuaskan. Kebanyakan orang berusaha keras untuk memecahkan teka-teki ini sebelum mereka menyukai jawaban memuaskan yang diberikan.

Pertanyaan 6

Seorang importir menerima kiriman barang dari luar negeri. Ia lupa berapa banyak barang yang ia pesan dan berapa harga masing-masing barang tersebut. Ia hanya ingat bahwa total harga barang tersebut adalah 1.111.111.

Berapa banyak barang yang ia pesan dan berapa harga masing-masing barang tersebut ?

Pertanyaan 7

Jika Anda mempunyai 5 pasang kaus kaki berwarna hitam, dan 7 pasang kaus kaki berwarna abu-abu, dan semuanya tersimpan menjadi satu dalam satu tempat. Berapa kali Anda harus mengambil agar Anda mendapatkan sepasang kaus kaki yang berwarna sama ? Ini adalah pertanyaan termudah yang seharusnya bisa Anda jawab dengan benar.

Pertanyaan 9

Ini adalah salah satu strategi perang jaman dulu yang masih sering ditiru oleh hampir semua negara. Asal strategi ini dari daratan China. Berikut adalah simulasinya.

Anda menjadi komandan perang yang membawahi 3 (tiga) buah barisan pasukan dengan kekuatan yang berbeda-beda, yang pertama sangat kuat, yang kedua sedang, dan yang ketiga lemah.

Anda juga tahu bahwa kekuatan musuh pun seperti Anda terdiri dari tiga barisan pasukan, yang kuat, sedang dan lemah.

Dapatkah Anda memenangkan perang tersebut ?

That's all,thanks

2 komentar:

Jangan cuma jadi pembaca, utarakan pendapatmu!

Copyright © 2014 Bukan Isapan Jempol | Designed With By Blogger Templates
Scroll To Top