Jumat, 03 Desember 2010

Dokumen WikiLeaks Amerika Juluki SBY "Jenderal Pemikir"


INILAH.COM, Jakarta- WikiLeaks membeberkan dokumen laporan untuk Kongres AS mengenai SBY dalam Pemilu 2004. SBY dijuluki sebagai “Jenderal Pemikir”.

Sebutan SBY “Jenderal Pemikir” itu termaktub dalam sebuah laporan Congressional Reseach Service (CRS) bertajuk Report RS21287 yang disusun oleh Bruce Vaughn, pejabat Foreign Affairs, Defense and Trade Division. Laporan sejatinya sangat singkat, mengenai hasil pemilu yang dimenangkan oleh Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu.

Laporan itu judul lengkapnya adalah 'Analyst in Southeast and South Asian Affairs' . Di laporan itulah SBY dituliskan sebagai the thinking general.

Bukan itu saja. Amerika juga menyimpulkan, sukses pemilu Indonesia di 2004 mengukuhkan dominasi partai sekuler atau non-agama. Seperti Partai Demokrat, Golkar dan PDI-P yang merupakan tiga partai terbesar di Tanah Air.

CRS sendiri adalah tangan riset kebijakan publik dari Kongres. Sebagai cabang legislatif, CRS bekerja secara eksklusif dan langsung kepada anggota Kongres, komite-komite yang mereka bentuk dalam konteks rahasia atau confidential.

Selain itu, dokumen itu juga mengungkapkan adanya ketakutan AS bila Wiranto menjadi menang Pemilu 2004. Amerika menilai hubungan kedua negara akan rumit karena Kongres menaruh perhatian besar pada isu pelanggaran HAM di Timor Timur.

source: http://www.kaskus.us/showpost.php?p=323797160&postcount=1

baca juga => 3.059 Dokumen Penting Indonesia Dibocorkan "WikiLeaks"

4 komentar:

Jangan cuma jadi pembaca, utarakan pendapatmu!

Copyright © 2014 Bukan Isapan Jempol | Designed With By Blogger Templates
Scroll To Top