Senin, 04 Oktober 2010

Plastik yang Terbuat dari Gula

http://media.vivanews.com/thumbs2/2009/07/14/73736_produk_plastik_300_225.jpg

Sampah plastik menjadi masalah besar dunia karena bahan ini sulit diurai oleh alam. Kini, peneliti dari ilmuwan Inggris mampu membuat plastik dengan bahan dasar gula.

Seperti dikutip dari Telegraph, Penemuan ini diharapkan mampu menggeser penggunaan plastik berbahan dasar minyak bumi. Plastik buatan peneliti Inggris itu bahkan bisa dibuat kompos bersama bahan organik lainnya.

Ilmuwan dari Imperial College London mentransformasi senyawa gula yang ditemukan pada pohon dan rumput menjadi molekul yang besar, yakni polymer. Molekul inilah yang kemudian digunakan untuk membuat plastik.

Meski saat ini sudah ada plastik yang dibuat dari zat natural, yakni dari jagung, namun tetap belum bisa diurai oleh alam dalam waktu yang cepat.

Selain mengurangi penggunaan minyak bumi, penemuan ini diharapkan menjadi terobosan bagi masyarakat untuk membuat kompos plastik sendiri di rumah.

Plastik yang terbuat dari minyak membutuhkan ratusan tahun untuk terurai alami, sedangkan bahan plastik dari gula ini hanya memakan waktu bulanan.

Charlotte Williams, salah satu peneliti mengatakan penemuan ini sangat menjanjikan. 'Saya optimis temuan ini bisa dipakai dalam 2 sampai lima tahun mendatang,' kata dia.

Sekitar 7 persen minyak dan gas bumi dialirkan ke industri pembuatan plastik dengan produksi sekitar 150 juta pertahun. Dan hampir 99 persen plastik saat ini dibuat dari minyak fosil itu.

sumber :http://wisbenbae.blogspot.com/2010/10/ditemukan-plastik-dari-gula_04.html | http://unic77.blogspot.com/2010/10/plasti-yang-terbuat-dari-gula.html

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan cuma jadi pembaca, utarakan pendapatmu!

Copyright © 2014 Bukan Isapan Jempol | Designed With By Blogger Templates
Scroll To Top