Selasa, 14 September 2010

PERTANYAAN LOGIKA

Posted on 11.09 by Muh Hadi Abdul Aziz
Silahkan klik:

Spoiler for pertanyaan pertama:

pertama2... ada 3 orang sahabat, (sebut saja ci A,B dan C)

masing2 memiliki uang 10ribu perak,yg akhirnya mereka kumpulkan (menjadi 30rbu) utk membeli sebuah barang di toko D (seharga pas 30 rbu)

krna D masih merupakan teman dari mereka bertiga,akhirnya si D memberikan diskon sejumlah 5 rbu perak (jadi abis nyetor 30rbu,5rbnya dipulangin geto.. ngarti ora?)

akhirnya,krna 5 ribunya g bisa dibagi tiga,(bwat mereka bertiga) akhirnya,mereka masing2 mengambil 1000rupiah dan mengembalikan sisanya (2rb) kepada si pemilik toko (si D ituloh..)

jika dilihat dari sisi pengeluaran si A,B, dan C,mereka masing2 hanya mengeluarkan 9ribu saja,krna 1000nya mereka dapatkan kembali... dan jika kita lacak alur duidnya,maka ada yg aneh...

coba kita liad,... karena masing2 pembeli hanya mengeluarkan 9ribu rupiah,maka total pengeluaran merupakan 27ribu (9ribu dikali tiga) dan jika ditambah dengan uang yg berada di pemilik toko (sejumlah 2rbu yg dikembalikan itulo) maka hasilnya adlah 29ribu!!!! padahal... pengeluaran asli mereka adalah 30rbu (masih inget g? kan tadi ngeluarinnya 3biji 10ribuan)

Spoiler for faktanya:
ada kesalahan fatal dari sisi pertanyaannya,sehingga yg harus agan2 temukan adlaah bagian mana dari pertanyaan tsb yg harus dikoreksi dan dimanakah seribu rupiah ntu??


Spoiler for setidaknya:
ngerti gak gan?? jadi yg ilang apaannya gan? yg ini g usah dijawab susah2... seenggaknya agan ngertiin dolo



Spoiler for pertanyaan kedua:
anggaplah ada sebuah virus yg bisa membelah dirinya setiap detik,dan anggaplah ada sebuah ruangan yg dalam detik ke 500 akan penuh oleh virus (jadi,pas detik ke 500,ruangannya bakal penuh sama virus)

pertanyaannya: pada detik keberapakah virus tsb memenuhi setengah ruangan?

Spoiler for faktanya:
cobalah agan2 berpikir super kritis,dan yang pasti,jawabannya bukanlah pada detik ke-250 dan lagi,ini bukanlah soal matematika ato fisika ato apapun,ini hanyalah pertanyaan nalar.jadi g perlu ngitung2 setengah mampus bwat jawabnye


Spoiler for pertanyaan ketiga:
ada sebuah keluarga yg berisi seorang ibu,seorang ayah,dan 7 orang anak laki2... dan,masing2 anak laki2 tsb memiliki seorang adik perempuan...

pertanyaannya: berapakah jumlah anggota keluarga tsb?

Spoiler for faktanya:
jawabannya sgt mudah,dan yg pasti bukan 16 orang


Spoiler for pertanyaan keempat:
ada sebuah pulau yg isinya terdiri dari dua kaum.
kaum 1 adalah kaum ksatria yg selalu jujur
kaum 2 adalah kaum pemboong yg boong terus!
pada suatu hari ad orang yg dateng ke pulau tsb dan bertemu dgn 2 pejalan kaki,dan pendatang tsb bertanya
"dari kaum manakah anda?"
pejalan kaki A berkata
"si B adalah kaum ksatria"
sedangkan si B berkata
"kami berasal dari kaum yg berbeda"

pertanyaannya:dari kaum manakah si A dan si B?
Spoiler for faktanya:
ini ane nyopas dari try out stan tahun ini (2010),dan jawabannya bukanlah si B ksatria dan si A pembohong


Spoiler for pertanyaan dari kaskuser:
Quote:
Originally Posted by jawa_sunib View Post
ceritanya ada 2 orang bapak dan 2 orang anak sedang pergi berburu...setelah berburu hingga siang hari yg terik, mereka hanya mendapat 3 hewan buruan...sesampainya di rumah, mereka segera membagi 3 hewan itu sama rata dan masing2 orang mendapat 1 hewan buruan...KENAPA BISA BEGITU???
ditunggu jawabannya Gan...

yang lain:

PERTANYAAN LOGIKA (bag.2)

Ngakak Sambil Tes IQ Agan di Sini!!



sumber: http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2914635


FACEBOOK COMMENT


9 Response to "PERTANYAAN LOGIKA"

.
gravatar
destroyer Says....

jawaban buat soal dari kaskuser: mereka cuma membutuhkan 3 hasil buruan karena mereka adalah seorang kakek, seorang ayah, dan seorang anak. (2 orang anak: anak dan ayah. 2 orang ayah: ayah dan kakek)

.
gravatar
nyun Says....

buat pertanyaan pertama, pernyataan yg salah tu "dan jika ditambah dengan uang yg berada di pemilik toko (sejumlah 2rbu yg dikembalikan itulo) maka hasilnya adlah 29ribu!!!!" udah bener2 30ribu didiskon jadi 25ribu, dibalikin 5 ribu, yang 3 ribu bagi 3, yang 2 ribu balik ke D, pembelian jadi 27ribu (25rbu + 2rbu), bener kan pengeluaran nya jg 27ribu masing2 9ribu.. jadi seribu nya g kemana2, gak ilank!

.
gravatar
budiman Says....

1. jangan melihat jumlah uang disisi pembeli karena uang tsb sudah berada disisi penjual. uang yang diterima penjual 30rb diskon 5rb jadi 25rb, lalu oleh pembeli dikembalikan lagi 2rb jadi uang yang dipegang oleh penjual adalah 27rb. dan uang yang dipegang pembeli masing2 1rb. pas bukan....
2. pada detik ke 251
3. 10 orang, 1 ayah, 1 ibu, 7 orang anak laki2, 1 orang anak perempuan. karena mereka semua bersaudara.
4. klo jawabanya bukan si B ksatria dan si A pembohong berarti dua-duanya pembohong donk, tetapi bukanya kita terlalu zuuzon sama orang klo kita bilang keduanya pembohong.
5. kakek, bapak, anak

.
gravatar
Anonim Says....

Itu pertanyaan pertama,variable pertanyaannya yang salah sampai mengecohkan perhitungan logika. Harga barang kan jadinya 25 rb, tp karena mereka hanya membagi rata sebanyak 3rb (1000 x 3) dan sisa 2 rbnya dikembalikan ke pedagang makanya harganya jadi 27 rb. Pernyataan "....dan jika ditambah dengan uang yg berada di pemilik toko (sejumlah 2rbu yg dikembalikan itulo)...." itu menunjukan variabel yang salah karena 2rbnya kan sudah dikembalikan.

.
gravatar
Anonim Says....

1. intinya pertambahan ama perkalian ga bole di samain jdi ga bole sembarang potong.
2. ga tao males itung intinya 1 belah jdi 2 nah masing" itu belah jdi 2 lagi trus itung lah sono ampe mampus.
3.10, bapa, ibu, anak lagi 7, 1 adik perempuan ^^
4.hihihi gw lupa jwbanya
5.kakek, bapa, anak

.
gravatar
Anonim Says....

1, total pengeluaran 27ribu,, 3 orang masing2 pegang seribu (klo digabungin jdi 3ribu),,, yg salah tu knapa 27ribu + 2ribu
2, 499 hari lah,, pas hari ke 499 mereka berjumlah 250,, masing2 individu dari 250 itu bisa membelah didi jadi 2 dlm sehari,, jadi yaa 250 x 2..
3, ya 16
4,pembohong semua
5,critanya anaknya mati satu,, gampang ngarang cerita..

.
gravatar
Anonim Says....

4. Hmm sdikit susah dimengerti tapi jika pernyataannya adalah :
- A berkata = "Si B berasal dari Kaum Ksatria"...
- B berkata = "Kami berasal dari Kaum berbeda"...

Ini "hampir" mirip dengan :
a. Arah (misalnya)
- Kanan = Jalan Keselamatan
- Kiri = Jalan Kematian
b. Tokoh (misalnya)
- Pendatang
- A = Si Jujur
- B = Si Pembohong
c. Bagaimana solusinya supaya Pendatang bisa memilih antara Kanan ataw Kiri sebagai Jalan Keselamatan yang benar??
Solusinya adalah :
a. Pendatang bertanya kepada SALAH SATU (A ataw B)...
b. Pendatang bertanya :
- Kepada A = Apa yang akan dikatakan B jika Aku bertanya kepadanya "Arah manakah jalan yang menuju Keselamatan?"??...
- Jawaban A = B akan berkata "Ke Kiri."...
c. Jika bertanya kepada B :
- Jawaban B = A akan berkata "Ke Kiri."...

Dalam situasi seperti itu maka Pendatang harus memilih ke arah "Kanan"...

.
gravatar
Anonim Says....

Lanjutan....

Kejanggalan yang kutangkap adalah apa yang dikatakan B tidak sesuai pertanyaan...
- Pendatang : Dari kaum manakah Anda??
- A : Si B adalah kaum ksatria...
- B : Kami berasal dari kaum yg berbeda...

Kata ganti "Anda" merupakan kata ganti "1 Orang" menunjuk pada "Kamu"/"Aku"/"Si B/A"... BUKAN "Kalian"/"Kami" ataw "lebih dari 1"/"jamak"...

Bener ga ya??
Hehehehe...

By LOGAN

Leave A Reply

Jangan cuma jadi pembaca, utarakan pendapatmu!

 
..::TAHUKAH KAMU?? : Lebah harus mengumpulkan sari bunga dari sekitar dua juta kuntum bunga untuk menghasilkan madu sebanyak setengah kilogram. :: Unta dapat kehilangan hingga 30 persen berat tubuhnya karena keluarnya keringat, dan tetap berjalan melintasi padang pasir? Manusia akan mati setelah 12 persen dari berat tubuhnya hilang dalam bentuk keringat. :: Titik leleh cokelat adalah 35°C :: Bahwa seekor sapi rata-rata menghasilkan 40 gelas susu setiap harinya :: Hampir semua lipstik mengandung sisik ikan! :: Bahwa Indonesia adalah satu-satunya negara di dunia yang pernah keluar dari keanggotaan PBB untuk kemudian masuk lagi? :: Setiap tahun Brasil menghasilkan hampir sepertiga produksi kopi dunia? :: Rata-rata orang dewasa tertidur dalam waktu tujuh menit setelah lampu dimatikan? :: Orang kidal cenderung mengunyah makanannya dengan bagian kiri mulutnya? :: Bahwa belalang hanya mampu melompat pada temperatur minimum 16,7°C? :: Bahwa Jepang adalah importir bijih besi terbesar di dunia? :: Bahwa di kota Washington, D.C., tak ada bangunan yang boleh lebih tinggi daripada Monumen Washington? Sementara itu di Bali tidak ada bangunan yang boleh lebih tinggi daripada pohon kelapa. :: Bahwa bayi jerapah tingginya 1,82 meter pada saat ia dilahirkan? :: Bahwa pada jalur rel kereta api antara Stasiun Padalarang hingga Stasiun Purwakarta terdapat kurang lebih 400 jembatan kereta api? :: Bahwa usia rata-rata seekor nyamuk adalah dua minggu? :: Bahwa untuk memproduksi sebuah mobil, termasuk bannya, dibutuhkan sekitar 138.127 liter air? :: Bahwa lalat dapat mengepakkan sayapnya sekitar 500 kali per detik? :: Bahwa mata burung unta lebih besar daripada otaknya :: Gigitan lintah tidak menimbulkan rasa sakit karena mengandung zat anestesis. :: Bahwa dulu Coca-Cola berwarna hijau? :: Setelah tiga minggu berlibur, IQ kita dapat berkurang hingga 20 persen! :: Jika kita makan semangka dan gula aren bersamaan bisa menjadi racun yang berbahaya! Bahkan hingga menyebabkan kematian!? :: Kuda Nil kentut lewat mulut :: Kebanyakan orang bisa mendengar lebih baik dengan telinga kanan! :: Kambing mempunya pupil mata segi empat::..