Minggu, 15 Agustus 2010

Cara Mencuci Sayuran dengan Benar

Posted on 14.19 by Muh Hadi Abdul Aziz
Silahkan klik:

Lebih baik mencuci sayuran di bawah air mengalir, atau dengan keran air. Selain itu, daging, ikan, dan unggas tak perlu dicuci sebelum dimasak.

Agar praktis atau menghemat air, sering kali sayuran dibersihkan dengan cara merendamnya. Padahal, mencuci langsung dengan keran air bisa lebih efektif menghilangkan bakteri.

Bahan makanan yang memang tak perlu dimasak lama, seperti sayuran untuk salad, perlu dicuci bersih. Bahkan, pakar keamanan pangan di Amerika merekomendasikan untuk mencuci sayuran daripada mencuci daging.
Forumkamia
Anda disarankan untuk mencuci sayuran dengan menggunakan air mengalir, atau dari keran air. Dengan cara ini, bakteri pada sayuran akan tersapu bersama air. Tentu saja, bakteri E-coli pada sayuran tak akan seluruhnya hilang meskipun telah dicuci bersih. Agar lebih optimal, gunakan juga sikat pencuci sayuran dengan permukaan kasar.

Sedangkan untuk mencuci daging, Shelley Feist, Executive Director dari Edukasi Keamanan Pangan, mengatakan, proses pencucian daging atau ikan mentah kurang aman bagi lingkungan. Selain karena sari dari ayam atau ikan yang dicuci akan terbuang percuma, faktanya daging, unggas, dan ikan ternyata tidak perlu dicuci sebelum memasaknya.


FACEBOOK COMMENT


1 Response to "Cara Mencuci Sayuran dengan Benar"

.
gravatar
reseller Says....

memang daging tak perlu dicuci kalau belum digunakan,,
siiip dech,,
untuk memperkecil terjadinya jamur pada daging

Leave A Reply

Jangan cuma jadi pembaca, utarakan pendapatmu!

 
..::TAHUKAH KAMU?? : Lebah harus mengumpulkan sari bunga dari sekitar dua juta kuntum bunga untuk menghasilkan madu sebanyak setengah kilogram. :: Unta dapat kehilangan hingga 30 persen berat tubuhnya karena keluarnya keringat, dan tetap berjalan melintasi padang pasir? Manusia akan mati setelah 12 persen dari berat tubuhnya hilang dalam bentuk keringat. :: Titik leleh cokelat adalah 35°C :: Bahwa seekor sapi rata-rata menghasilkan 40 gelas susu setiap harinya :: Hampir semua lipstik mengandung sisik ikan! :: Bahwa Indonesia adalah satu-satunya negara di dunia yang pernah keluar dari keanggotaan PBB untuk kemudian masuk lagi? :: Setiap tahun Brasil menghasilkan hampir sepertiga produksi kopi dunia? :: Rata-rata orang dewasa tertidur dalam waktu tujuh menit setelah lampu dimatikan? :: Orang kidal cenderung mengunyah makanannya dengan bagian kiri mulutnya? :: Bahwa belalang hanya mampu melompat pada temperatur minimum 16,7°C? :: Bahwa Jepang adalah importir bijih besi terbesar di dunia? :: Bahwa di kota Washington, D.C., tak ada bangunan yang boleh lebih tinggi daripada Monumen Washington? Sementara itu di Bali tidak ada bangunan yang boleh lebih tinggi daripada pohon kelapa. :: Bahwa bayi jerapah tingginya 1,82 meter pada saat ia dilahirkan? :: Bahwa pada jalur rel kereta api antara Stasiun Padalarang hingga Stasiun Purwakarta terdapat kurang lebih 400 jembatan kereta api? :: Bahwa usia rata-rata seekor nyamuk adalah dua minggu? :: Bahwa untuk memproduksi sebuah mobil, termasuk bannya, dibutuhkan sekitar 138.127 liter air? :: Bahwa lalat dapat mengepakkan sayapnya sekitar 500 kali per detik? :: Bahwa mata burung unta lebih besar daripada otaknya :: Gigitan lintah tidak menimbulkan rasa sakit karena mengandung zat anestesis. :: Bahwa dulu Coca-Cola berwarna hijau? :: Setelah tiga minggu berlibur, IQ kita dapat berkurang hingga 20 persen! :: Jika kita makan semangka dan gula aren bersamaan bisa menjadi racun yang berbahaya! Bahkan hingga menyebabkan kematian!? :: Kuda Nil kentut lewat mulut :: Kebanyakan orang bisa mendengar lebih baik dengan telinga kanan! :: Kambing mempunya pupil mata segi empat::..