Minggu, 15 Agustus 2010

Cara Mencuci Sayuran dengan Benar

Lebih baik mencuci sayuran di bawah air mengalir, atau dengan keran air. Selain itu, daging, ikan, dan unggas tak perlu dicuci sebelum dimasak.

Agar praktis atau menghemat air, sering kali sayuran dibersihkan dengan cara merendamnya. Padahal, mencuci langsung dengan keran air bisa lebih efektif menghilangkan bakteri.

Bahan makanan yang memang tak perlu dimasak lama, seperti sayuran untuk salad, perlu dicuci bersih. Bahkan, pakar keamanan pangan di Amerika merekomendasikan untuk mencuci sayuran daripada mencuci daging.
Forumkamia
Anda disarankan untuk mencuci sayuran dengan menggunakan air mengalir, atau dari keran air. Dengan cara ini, bakteri pada sayuran akan tersapu bersama air. Tentu saja, bakteri E-coli pada sayuran tak akan seluruhnya hilang meskipun telah dicuci bersih. Agar lebih optimal, gunakan juga sikat pencuci sayuran dengan permukaan kasar.

Sedangkan untuk mencuci daging, Shelley Feist, Executive Director dari Edukasi Keamanan Pangan, mengatakan, proses pencucian daging atau ikan mentah kurang aman bagi lingkungan. Selain karena sari dari ayam atau ikan yang dicuci akan terbuang percuma, faktanya daging, unggas, dan ikan ternyata tidak perlu dicuci sebelum memasaknya.

1 komentar:

  1. memang daging tak perlu dicuci kalau belum digunakan,,
    siiip dech,,
    untuk memperkecil terjadinya jamur pada daging

    BalasHapus

Jangan cuma jadi pembaca, utarakan pendapatmu!

Copyright © 2014 Bukan Isapan Jempol | Designed With By Blogger Templates
Scroll To Top