Kamis, 29 Juli 2010

Inilah Gambar Salinan Asli Naskah Para Ilmuan

Spoiler for Beritanya:

Metrotvnews.com, London: Naskah berisi kisah dari abad 18 tentang jatuhnya buah apel yang akhirnya membantu Isaac Newton mengembangkan teori gravitasi telah dimuat dalam situs web.

Untuk pertama kalinya, naskah asli yang telah rapuh itu dipindai sehingga dapat dilihat oleh semua orang. Kisah Newton dengan buah apel memang telah menjadi anekdot favofit para ilmuwan. Britain's Royal Society menyatakan dokumen itu akan dapat dilihat secara daring pada Senin (25/1).

Pustakawan dari Royal Society, Keith Moore, mengatakan kisah apel itu telah banyak berguna dalam ilustrasi penelitian modern, penggambaran yang mengacu pada sistem tata surya, dan bahkan referensi pada Injil. Ketika Newton menggambarkan proses pengamatan terhadap apel yang jatuh dan menduga-duga prinsip di balik hal tersebut, "Ia mengungkapkan metode ilmiahnya," kata Moore.

"Bentuk apel itu juga melambangkan planet, karena bulat. Selain itu, jatuhnya apel dari pohon juga menggambarkan kisah Adam dan Hawa. Karena Newton adalah pria religius, ia pun akan makin meyakini hal itu," ujarnya. Hal itu terjadi pada pertengahan 1660-an saat Newton kembali ke keluarganya di Inggris utara setelah sekolahnya, University of Cambridge, ditutup karena terkena wabah penyakit.

Naskah milik Royal Society itu ditulis oleh William Stukeley yang seumur dengan Newton. Ia menulis naskah itu berdasarkan cerita Newton pada suatu sore di musim semi di 1726. Saat itu, mereka sedang menikmati teh sambil bercerita di bawah bayangan sebuah pohon apel. "Ia berkata kepadaku, sebelumnya ia pernah berada dalam situasi yang sama. Ketika hal itu terjadi, pemahaman mengenai gravitasi datang ke pikirannya," tulis Stukeley.

"Saat apel itu jatuh, ia berpikir, kenapa apel selalu jatuh turun tegak lurus ke tanah. Ia pun bertanya-tanya mengapa tidak jatuh berbelok ke samping atau ke atas, tapi langsung turun ke bumi. Ia berpikir hal itu karena bumi menarik apel itu. Maka bumi memiliki kekuatan untuk menarik benda," ujarnya.

Kisah Stukeley turut mendukung catatan ilmuan pesaing Newton dari abad ke-17, Robert Hooke, yang dimuat di situs web Royal Society. Royal Society adalah sebuah sekolah tinggi bagi ilmuwan yang didirikan pada 1660 untuk mengumpulkan, mendiskusikan, dan menyebarkan pengetahuan ilmiah.



Spoiler for Gambar depannya:

Liat tuh gan.. judulnya.. "Memoir of Isaac Newton".. naskah tsb ditulis oleh William Stukeley yang seumur dengan Newton. Ia menulis naskah itu berdasarkan cerita Newton pada suatu sore di musim semi di 1726. Saat itu, mereka sedang menikmati teh sambil bercerita di bawah bayangan sebuah pohon apel. "Ia berkata kepadaku, sebelumnya ia pernah berada dalam situasi yang sama. Ketika hal itu terjadi, pemahaman mengenai gravitasi datang ke pikirannya," tulis Stukeley.


Spoiler for Gambar isi buku:


gak kebaca y gan... ane jg g liat tuh..


Spoiler for Gambar Isaac Newton:


Wajah Newton yang digambarkan oleh Stukeley, dengan sebuah medali dan ditambahkan banyak bentuk "payudara" wanita (ane gak ngerti mksdny gan ). Rasi bintang Ursa Major tampak pada globe di bawah dengan dua komet and orbit mereka di bawahnya. Ini digambar pada tahun 1726.


Lebih lengkapnya bsa agan lihat di: sini

Gan selaen naskah tentang Newton... ada juga naskah-naskah dr ilmuwan laen lho.. ayo qta lihat
Quote:
Naskah Tentang Fossil karya Henry James tahun 1843
Spoiler for cover:


Koq g da embel-embelnya ya..


Spoiler for Gambar fossil:


Gambar Trilobhita


Gambar Amphyx




Penjelasan mengenai penampakan tubuhnya
Yang ini tentang Anatomi, oleh Andrew van Rysmdyk tahun 1774:
Quote:
Spoiler for cover:



Spoiler for gambar pembuluh limfa pada kaki:



Spoiler for gambar beberapa organ dalam tubuh manusia:



Spoiler for gambar otot pada tangan:



Lebih lengkapnya lihat di: sini
Nah.. yang satu ini naskah tentang spesimen kaligrafi dan ilustrasi sejarah alam yang dibuat abad ke-17
Quote:
Spoiler for gambar1:



Spoiler for gambar2:



Spoiler for gambar3:


Gambar kaligrafinya


Lebih lengkap lihat di: sini
Yang satu ini naskah tentang rerumputan dan bunga liar Inggris.. ditulis oleh Richard Waller pada tahun 1686-1688...
Quote:
Spoiler for gambar1:



Spoiler for gambar2:



Spoiler for gambar3:



Spoiler for gambar4:



lebih lanjut lihat di sini

sc: all-mistery.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan cuma jadi pembaca, utarakan pendapatmu!