Sabtu, 05 Juni 2010

Mata Ungu


Iris mata manusia biasanya berwarna hitam atau coklat. Tapi, oow, ada yang warnanya ungu! Bukan, bukan karena memakai lensa kontak. Tetapi memang alami ungu. What the trouble is going on?!

Bukan sesuatu yang ajaib sebenarnya. Mata ungu memang dimiliki beberapa orang. Akan tetapi langka sekali ditemukan. Dari segi kesehatan, seperti dilansir dari Buzzle dalam situs online nusantara, penyebab terjadinya mata ungu alami karena hal yang disebut dengan Albinisme.



Albinisme merupakan salah satu gangguan genetik pada manusia, yang ditandai dengan tidak adanya pigmentasi di kulit, rambut dan mata. Hal ini disebabkan oleh perubahan gen, yang mencegah pengembangan melanin, yang memberikan kontribusi untuk kulit, rambut dan warna mata. Kita mungkin telah sering melihat orang dengan kondisi ini.


Gejala lain dalam albinisme yang sangat langka adalah mata ungu. Akibat kurangnya melanin, mata menjadi merah, karena semua pembuluh darah yang terlihat melalui iris. Iris menyaring cahaya melalui mata. Sinar matahari bersamaan dengan refleksi di mata, dapat memberikan tampilan ungu. Inilah yang menyebabkan mata menjadi berwarna ungu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan cuma jadi pembaca, utarakan pendapatmu!